ETIKA BISNIS AL-GHAZALI DAN ADAM SMITH DALAM PERSPEKTIF ILMU BISNIS DAN EKONOMI

  • AM. M. Hafidz MS.
  • Sam’ani Sya’roni
  • Marlina *

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi: (1) pembangunan etika bisnis yang telah dirumuskan oleh al-Ghazali dan Adam Smith, (2) persamaan dan perbedaan antara dua etika bisnis pria, dan (3) relevansi bisnis mereka etika bisnis modern dunia dan ekonomi. Bisnis etika dibangun oleh al-Ghazali dan Smith di dataran praksis tidak jauh berbeda. Etika bisnis konstruksi dibangun oleh al-Ghazali didasarkan pada prinsip-prinsip seperti orientasi itikad baik tentang dunia dan akhirat, kejujuran, kepentingan pribadi dan social keseimbangan, dan perilaku / perbuatan yang tepat. Di sisi lain, etika bisnis konstruksi dibangun oleh Smith, berdasarkan keadilan, altruisme, keadilan dan liberal (kebebasan ekonomi). Baik etika bisnis yang diperkenalkan oleh kedua sangat relevan untuk menjadi digunakan sebagai bahan pokok acuan dalam etika bisnis modern.
Published
2013-05-17
How to Cite
MS., AM. M. Hafidz; SYA’RONI, Sam’ani; *, Marlina. ETIKA BISNIS AL-GHAZALI DAN ADAM SMITH DALAM PERSPEKTIF ILMU BISNIS DAN EKONOMI. JURNAL PENELITIAN, [S.l.], v. 9, n. 1, may 2013. ISSN 2541-6944. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/128>. Date accessed: 24 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v9i1.128.
Section
Artikel

Keywords

etika bisnis, naqli-induktif, empirik-induktif, relevansi