IMPLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA STAIN PEKALONGAN DALAM MEMBACA LITERATUR BAHASA ARAB

  • Miftahul Ula
  • Muhandis Azzuhri
  • A. Ubaidi Fathuddin
  • Marlina *

Abstract

Kemampuan membaca literatur Arab mahasiswa STAIN Pekalongan dalam penelitian ini ditemukan agak rendah. Ada dua hal yang mempengaruhinya, yaitu strategi pengajaran dan fasilitas pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor dosen, media pengajaran dan materi pengajaran bahasa Arab memiliki pengaruh yang tidak maksimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif-kuantitatif dengan metode random sampling. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII STAIN Pekalongan jurusan Syari’ah dan Tarbiyah. Hasil penelitian ini penting karena dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi pengambil kebijakan pembelajaran bahasa Arab STAIN Pekalongan agar dapat melakukan peninjauan ulang kebijakan terhadap seluruh komponen yang terkait dalam pembelajaran bahasa Arab yang mencakup dosen, materi, media, strategi dan lain-lain.
Published
2013-05-21
How to Cite
ULA, Miftahul et al. IMPLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA STAIN PEKALONGAN DALAM MEMBACA LITERATUR BAHASA ARAB. JURNAL PENELITIAN, [S.l.], v. 6, n. 2, may 2013. ISSN 2541-6944. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/230>. Date accessed: 26 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v6i2.230.
Section
Artikel

Keywords

Bahasa Arab, Membaca, Literatur Arab