KONSEP STRATEGI THEISTIC SPIRITUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM

  • Nurul Istiani SD Negeri PAnjang Wetan I Pekalongan

Abstract

Pendidikan spiritual di sekolah selama ini kurang diterapkan, selama ini guru Pendidikan Agama Islam hanya mampu mengedepankan aspek kognitif atau hasil pencapaian akhir terhadap suatu mata pelajaran saja. Hal ini belum mencapai aspek afektif, yaitu pembentukan sifat dan karakter  peserta didik, bagaimana siswa tersebut dapat menerapkan pelajaran yang telah didapat dan aspek psikomotorik yaitu pengembangan kreativitas. Pelajaran Agama belum menjadi alat utama untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta didik dalam suatu jenjang pendidikan. Selain itu metode yang dilakukan oleh para guru Agama juga kurang bervariasi. Di dalam kelas peserta didik hanya duduk berjam-jam tetapi selama itu pikiran dan perasaan siswa tidak berada di dalam kelas. Peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran baik itu dalam memperhatikan, mendengarkan atau merasakan apa yang sedang berlangsung. Untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal diperlukan strategi pembelajaran yang sistematis dan terarah, sementara itu strategi yang selama ini dipakai guru dalam pembelajaran belum memberikan kebebasan peserta didik untuk mengembangkan berbagai kecerdasan baik intelektual, emosional ataupun spiritual. Sehingga perlu adanya suatu strategi pendidikan spiritual dengan menggunakan metode hypnoteaching di sekolah.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan Strategi pendidikan spiritual pada mata pelajaran PAI melalui metode hypnoteaching di SMK N 3 Pekalongan ini meliputi: strategi pembentukan spiritual, strategi penjagaan spiritual dan strategi penyembuhan spiritual yang dilakukan oleh satu guru pengampu mata pelajaran PAI dan bisa dilaksanakan di dalam pembelajaran ataupun di luar pembelajaran dengan menyampaikan materi-materi spiritual melalui metode hypnoteaching dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat ketika strategi pendidikan spiritual pada mata pelajaran PAI bisa menumbuhkan kesadaran spiritual  peserta didik yang bisa dilihat dari tingkah laku peserta didik sehari-hari,  meskipun di SMK N 3 ini masih dalam tataran strategi pembentukan spiritual tetapi sudah berjalan dengan baik.
Published
2018-02-19
How to Cite
ISTIANI, Nurul. KONSEP STRATEGI THEISTIC SPIRITUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM. RELIGIA, [S.l.], p. 190-206, feb. 2018. ISSN 2527-5992. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Religia/article/view/1070>. Date accessed: 18 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.28918/religia.v20i2.1070.
Section
Artikel