KIAT-KIAT MENGEMBANGKAN PERILAKU BAIK (AKHLAKUL KARIMAH) PADA ANAK USIA DINI

  • Cahniyo Wijaya Kuswanto
  • Ulfa Nabela
  • Ajeng Ninda Uminar
  • Ahmad Muslih

Abstract

Abstrak
Gaya hidup, kebiasaan tawuran, atau prilaku tidak baik memberikan bukti bahwa prilaku baik (akhlakul karimah) penting diberikan sejak dini. Dengan menerapkan akhlakul karimah sejak dini kekacauan prilaku dapat teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses guru dalam mengembangkan perilaku baik (akhlakul karimah) pada anak usia dini. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian lapangan guru mengembangkan akhlakul karimah yaitu:1) pembiasaan rutin berdoa sebelum dan sesudah kegiatan 2) pembiasaan spontan sopan dan santun dalam perilaku sehari-hari, 3) Keteladanan yang baik hormat menghormati dengan orang lain, 4) membimbing anak mampu bersikap hormat pada orangtua maupun sesama. Temuan tersebut dapat diterapkan di sekolah maupun lingkungan keluarga guna mengembangkan perilaku baik (akhlakul karimah) bagi anak usia dini.
Kata Kunci: kiat-kiat, akhlakul karimah, anak usia dini
 

References

Abidin, Z., Nurhayati, N. F., & Lestari, D. A. (2018). Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, 85–92.
Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6
Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–148.
Basuki, S. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Modifikasi Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2746
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasia, 13(2), 161–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Djuanda, I. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Sebagai Pendidik Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 353–372. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.145
Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, -. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362
Gustini, N. (2016). Bimbingan Dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 1–14. www.unissula.ac.id
Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.91-116
Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar ( Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa ). 1, 1–20.
John, W. C. (2014). Penelitian kualitatif dan desain riset, memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mansyur, U. (2020). Pengenalan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Melalui Metode Pembiasaan di RA Al Rosyid Bojonegoro. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.272
Mualimin, M. (2015). Pembinaan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Melalui Ekstrakurikuler. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 94–116. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1451
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Nurrahmawati, E. (2018). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–99. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3380
Rohayati, T. (2013). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23(1). https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059
Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48.
Shiddiq, R. (2020). Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. QATHRUNÂ, 7(2), 105. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3536
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(1), 49–65.
Syamsudin, A. (2012). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3018
Tuah, A. H. M., Stapa, Z., & Munawar, A. (2012). Memperkasakan Jati Diri Melayu-Muslim Menerusi Pendidikan Islam dalam Pengajaran Akhlak. Jurnal Hadhari, Special Edition (2012), 23–35. http://www.ukm.my/jhadhari/makalah/khas2012/JD005862 1-6.pdf
Published
2021-07-27
How to Cite
KUSWANTO, Cahniyo Wijaya et al. KIAT-KIAT MENGEMBANGKAN PERILAKU BAIK (AKHLAKUL KARIMAH) PADA ANAK USIA DINI. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-39, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4148>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles