PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TK MUSLIMAT NU MASYITOH 08 KRAMATSARI-PEKALONGAN

  • Sugeng Sholehuddin
  • Annisa Nur Amanah

Abstract

Abstrak
Amanah, Annisa Nur, 2018, Dengan judul “Peran Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari- Pekalongan”, Pembimbing Sopiah, M.Ag.
Kata kunci: Peran Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Suatu lembaga pendidikan anak usia dini tentunya ada sosok Kepala PAUD
sebagai pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting bagi guru dan muridnya. Kepala PAUD sebagai central penggerak dalam suatu pendidikan yang mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan proses peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu Kepala PAUD juga mempunyai beberapa gaya kepemimpinan guna menjalankan tugas dan amanahnya dalam suatu lembaga pendidikan anak usia dini serta membina dan mengarahkan seluruh aktivitas pendidikan. Kepemimpinan Kepala PAUD ini yang mendasari seorang leader pada suatu organisasi lembaga pendidikan dapat berjalan dengan semestinya, guna mencapai suatu tujuan pada tingkat kualitas pendidikan.
Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan, bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh Kramatsari-Pekalongan, tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan, faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini TK Masyitoh NU 08 Kramatsari-Pekalongan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepemimpinan Kepala PAUD yang ada di TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan mempunyai peran sebagai visioner, sebagai motivator, kepemimpinan dalam pengendalian dan hubungan organisasional, dan kepemimpinan dalam menyampaikan informasi. Serta faktor pendukungnya adalah kompetensi guru, anak didik, orang tua dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor alam, faktor pendanaan dan faktor lingkungan.

References

Cece Wijaya, dkk. (1992). Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Creswell, J.W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches: Fourth edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djaelani, A.R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82-92.

Guthrie, J.W. & Reed, R.J. 1991. Educational Administration and Policy Effective Leadership for American Education, Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

MB. Miles & AM. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Semiawan, Conny R.. 2006. Memantapkan Peran LPTK dalam Peningkatan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pidato Dies Natalis ke-42 Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidian:Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Tucker, M. S. & Codding, J.B. (2002). The Principal Challenge: Leading and Managing Schools in an Era of Accountability. San Francisco: Jossey-Bass.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion), Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta
Published
2021-07-27
How to Cite
SHOLEHUDDIN, Sugeng; AMANAH, Annisa Nur. PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TK MUSLIMAT NU MASYITOH 08 KRAMATSARI-PEKALONGAN. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-10, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4155>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles