STIMULASI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN

  • Arni Kurniati
  • Sopiah Sopiah

Abstract

Abstrak
Pendidikan anak usia dini yaitu suatu upaya pemberian rangsang dalam membantu perkembangan jasmani dan rohani supaya memiliki kesiapan pada tingkat pendidikan dasar. Pemberian rangsang tersebut diantaranya meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, nilai agama moral, seni, dan sosial emosional. Enam aspek tersebut saling berkaitan, dengan demikian pendidikan yang diberikan harus bersifat menyenangkan supaya anak dapat berkembang sesuai tahapan usianya.
Peneliti melakukan pengamatan langsung di salah satu Lembaga TK ABA Landungsari Pekalongan khususnya kelompok B2, TK tersebut terletak di jalan HOS Cokroaminoto gang 13 Landungsari Pekalongan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki prestasi yang cukup baik dan memiliki program pengembangan motorik kasar.
Berdasarkan observasi peneliti di kelompok B 2 TK ABA Landungsari Pekalongan ditemukan hasil observasi yaitu dari 18 peserta didik, hanya di temukan 3 peserta didik saja yang sudah mampu berdiri di atas satu kaki dengan kedua tangan merentang tanpa bergoyang dan tanpa saling memegang temannya dengan menggunakan waktu sepuluh hitungan.
Selain observasi, peneliti juga melakukan wawancara, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan kepala sekolah ditemukan program pengembengan motorik kasar diantaranya, dengan permainan papan titian, engklek, lompat tali dan senam yang dilaksanakan pendidik untuk membangkitkan semangat anak sebelum belajar, sehingga pengembangan tersebut mampu menguatkan otot-otot besar anak.
 
Kata Kunci: Pendidikan anak usia dini, Pengembangan motorik kasar anak, Permainan papan titian

References

Afandi, Achmad. 2019. Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Agista, Rara dkk. 2018 “Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Stick ”
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 12, No. 2, September.

Ahmadi Abu dan Nurbuka. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Al Mansur Fauzan dan M. Djunaidi Ghony. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anam, Khoirul dkk. 2017. “Upaya Menigkatkan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Bermain Papan Titian Di TK Indria Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang”. Jurnal Pendidikan.

Andriani, Tuti. 2016. “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Sosial Budaya. Vol. 9. No. 1.

Ardini, Pupung Puspa dkk. 2018. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: CV Adjie Media Nusantara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini. 2018. “Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outbond Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kota Tanggamus” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: UIN Raden Intan.

Barnawi, dan Novan Ardy Wiyani. 2014. Format Paud Konsep, Karakteristik &Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Decaprio, Richard. 2017. Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Jogjakarta: DIVA Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan.

Diestmann, Ronald. 2013. Permainan Untuk Latihan Motorik. Bandung: Pakar Raya.
Fadhillah, M. 2017. Bermain & Permainan. Jakarta: Kencana.

Hasanah,Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak”. Vol. 5. No. 1.

https://kbbi.kemendikbud.go.id Diakses pada 16 Februari 2019

Indrijati, Herdina. 2016. Psikologi Pekembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Iskandar, Beny. 2019. Pengembangan Fisik Motorik Kasar dan Halus bagi Anak TK. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,
Komaini, Anton. 2018. Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Lasmaida, Riska. 2016. “Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Melalui Berjalan Di Atas Garis Lurus Pada TK A ABA Krajan Yogyakarta”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: UNY.

Maftukhatul Jannah. Guru Kelas Kelompok B2 TK ABA Landungsari. Wawancara Pribadi.
Pekalongan, 10 Oktober 2020.
Mahendra, Agus dkk. 2006. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Munawar, Wiwik Chitra Pratiwi & Muniroh. 2016. “Peningkatan Keseimbangan Tubuh
Melalui Berjalan Di Atas Versa Disc Pada Anak Kelompok B PAUD Taman Belia Candi Semarang”. Jurnal Pendidikan PAUDIA

Munawaroh, Hidayatu. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini”.Vol. 1. No. 2.

Muslih, Muhammad. 2016. “Efektivitas Latihan Berjalan Di Atas Jejak Telapak Kaki Dan Di atas Kayu Terhadap Keseimbangan Pada Anak Autis Di SLB Autisma Yogasmara”. Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014
Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa tengah.
Praswoto, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektik Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, Maulidah dkk. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar
Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B RA An-Nur

Tunjungtirto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang”. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 2.

Rina Wulandari. 2012. Estetika Instrumental Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ombak.


Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, Diana Ratna. 2018. “Tingkat Keseimbangan Tubuh Siswa Klas 4 SD Negeri Keceme II Sleman”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Sausan, Ghina dkk. 2015. “Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Papan Titian
Bagi Anak Celebral palsy Kelas I SLB Lubuk kilangan Padang”. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Khusus. Vol. 1. No. 3.

Septiani, Ayu. 2019. “Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kasar Pada Anak Melalui Permainan Bowling Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan KOPRI Sukarame Bandar Lampung”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Keguruan. Lampung: UIN
Raden Intan.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC


Sriwahyuniati, Fajar. 2017. Belajar Motorik. Yogyakarta: UNY Press


Sugiyono. 2007. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.


Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Sukmainata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak.
Jakarta: Kencana.

Wulan, Dwi Septi Anjas. 2015. “Peningkatan Kemampun Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi (Penelitian Tindakan di TK B Jihan Ulfani
Kecamatan Medan Marelan)”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 1. No. 9.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Published
2021-07-27
How to Cite
KURNIATI, Arni; SOPIAH, Sopiah. STIMULASI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 11-21, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4173>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles