KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

  • Reski Yulina Widiastuti

Abstract

Abstrak
Kualitas lembaga PAUD jalur pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Indonesia sangat beraneka ragam. Setiap kepala sekolah lembaga TK yang berkualitas strategi pengembangan lembaga yang berbeda-beda. Apabila lembaga tersebut tidak memiliki pemimpin yang kompeten maka mustahil rasanya bisa mewujudkan suatu pendidikan TK yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Taman Kanak-Kanak Al Amien Kabupaten Jember. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif miles Huberman yaitu reduksi, display dan verifikasi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian terkait kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga TK Al Amien Kabupaten Jember yakni kepala sekolah bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Yayasan terlibat aktif untuk melakukan pembekalan peningkatan kompetensi dan evaluasi program lembaga. Kepala sekolah sebagai pemimpin terlibat aktif dalam memberikan motivasi anggotanya serta melakukan pengawasan secara berkala., Kepala sekolah dalam melaksanakan program kegiatan sekolah dibantu oleh beberapa orang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai koordinator kegiatan sekolah. Keterlibatan orang tua juga menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas

References

Aziz, A., 2015, Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam Peningkatan Mutu, 10(2), pp.1–14.
Diadha, R., 2015, Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), pp.61–71.
Hewi, L. and Shaleh, M., 2020, Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), pp.30–41.
Munfarijah, S., 2017, Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Kreativitas Dalam Kepemimpinan Paud. Jurnal Kependidikan, 3(2), pp.163–182.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Rahayu, Nur Ifani Anggun. (2020). Kepemimpinan Kepala Paud Di Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto: Pustaka Senja.
Sujana, I.W.C., 2019, Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), pp.29–39.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wargono, T., 2021, Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Slawi Kulon Tegal, 6(1), pp.37–54.
Published
2021-07-27
How to Cite
WIDIASTUTI, Reski Yulina. KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 22-29, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4174>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles