PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERCERITA DAN TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JAWA ANAK USIA DINI

  • Intyas Rochana Siwi
  • Retno Wahyuningsih
  • Latifah Permatasari Fajrin

Abstract

ABSTRAK
 
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan bahasa Jawa anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Jawa anak usia dini  dengan menggunakan metod bercerita. 2). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Jawa anak usia dini dengan menggunakan metode tanya-jawab. 3). Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbahasa Jawa anak usia dini  antara menggunakan metode bercerita dan metode tanya-jawab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen post test desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui kemampuan bahasa Jawa anak usia dini. Subyek penelitian ini sebanyak 52 anak kelompok B RA Kalimosodo Manisharjo dan RA Al-Ma’arif Kalangan. Uji normalitas dari kelompok bercerita diperoleh nilai χ2hitung 7,1 dan nilai χ2tabel 11,070, uji normalitas kelompok kontrol yang diterapkan metode tanya jawab diperoleh nilai nilai χ2hitung 6,43 dan nilai χ2 tabel 11,070. Uji hipotesis yang digunakan dengan menggunakan rumus t test independent sample. Analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Kemampuan bahasa Jawa anak usia dini dengan metode bercerita di RA Kalimosodo Manisharjo yang termasuk kategori tinggi 26,92%. 2). Kemampuan bahasa Jawa anak usia dini dengan metode tanya jawab di RA Al-Ma’arif Kalangan yang termasuk dalam kategori tinggi 15,38%. Terdapat perbedaan kemampuan bahasa anak usia dini antara menggunakan metode tanya-jawab dan metode bercerita di RA Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Se Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Hal tersebut dibuktikan hasil nilai t hitung 2,27 > nilai t tabel 1,706. Sehingga hipotesis alternatif yang diajukan  diterima.

References

Ahmad, M. Yusuf, Syahraini Tambak. 2017. Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, Vol. 2 (1): 93
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kurikulum TK Dan RA. Jakarta: Balai Pustaka.
Kurwidaria, Favorita, Astiana Ajeng Rahadini. 2015. Pemerolehan Bahasa Jawa Anak Usia Dini di Lingkungan Penetur Multibahasa Serta Strategi Pemertahanannya Sebagai Penguat Jati Diri Budaya Bangsa. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Majid, Abdul. 2013. Startegi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Putri, Hadisa. 2017. Penggunaan Metode Cerita untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3 (1): 91.
Subar Junanto, L. P. (2018). Evaluasi Program Standar Kompetensi Lulusan Al Quran (SKL Al Quran) Di Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Surakarta Tahun 2017. At Tarbawi, 1-11.
Subar Junanto, N. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) . INKLUSI: Journal of Disability Studies , 179-194.
Subar Junanto, T. U. (2019). Evaluation Model of Expertise Practice Programs for Early Childhood Educator Teachers. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 128-142.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharti, Siti Partini. 2010. Buku Pegangan Guru TK dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian Hibah Penelitian Tim Universitas Negeri Yogyakarta.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yulianti, Indah, dkk. 2018. Penerapan Bahasa Jawa Krama untuk Membentuk Karakter Sopan Santun di Sekolah Dasar. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional, Universitas Maria Kudus, Kudus. 11 April.
Published
2021-07-27
How to Cite
SIWI, Intyas Rochana; WAHYUNINGSIH, Retno; FAJRIN, Latifah Permatasari. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERCERITA DAN TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JAWA ANAK USIA DINI. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 52-59, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4175>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles