PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI RAUDLATUL ATHFAL

  • Nailul Fauziyah
  • A. Tabi’in

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan alat permainan edukatif kotak budaya sebagai upaya meningkatkan karakter cinta tanah air pada anak usia dini. Pengembangan alat permainan edukatif ini diharapkan dapat mengembangkan karakter cinta tanah air pada anak sejak dini dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi karakter cinta tanah air pada anak didiknya. Metode penelitian yang di gunakan yaitu menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini anak RA B Muslimat NU Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dengan istrumen pengumpulan data berupa angket, lembar wawancara, dan lembar observasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif, untuk menguji kualitas alat permainan edukatif (APE) dilakukan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap alat permainan edukatif, jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kreteria penilaian untuk menentukan kualitas alat permainan edukatif yang dikembangkan. hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif kotak budaya sangat baik digunakan dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada anak dengan mudah melalui permainan edukatif berupa kotak budaya, dan alat permainan edukatif ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak kelompok B di RA Muslimat NU Pajomblangan Pekalongan.

References

Diah Fitrianti dan Muhammad Reza (2013 ). Mengembangkan Kegiatan Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Semarang: Jurnal Mahasiswa, No. 3, Maret, Vol. II.
Emzir, (2013) Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Ingrid Pramling, Samuelsson, Marilyn Fleer, (2009) Play and Learning in Early Childhood Settings. International Perspectives
Komarudin Rochmat (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lubang Warna Untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak (Tk), Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. 7 Nomor 3 Tahun 2018
Mega Fitria Herdiati, dkk., (2017) Pengembangan Alat Permainan Keranjang Pintar Dalam Pembelajaran Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak, Jurnal Ilmu Pendidikan, No. 2, Desember, Vol. II.
Muhammad Najib (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media.
Mustari Mohamad, 2017. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Novi Mulyani. (2016) Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia, Yogyakarta: Diva Press.
Nyimas Muazzomi1. (2017). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol.17 No.1
Setyoadi P, (2016). Pendidikan Karakter Melalui Seni, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyosari, P . (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Sugiyono (2008 ). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Zaman, B dkk. (2009). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-07-27
How to Cite
FAUZIYAH, Nailul; TABI’IN, A.. PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI RAUDLATUL ATHFAL. ASGHAR : Journal of Children Studies, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 40-51, july 2021. ISSN 2797-5630. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4177>. Date accessed: 21 oct. 2021.
Section
Articles