Pemahaman Konsep Matematis Dilihat dari Minat Belajar dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning Berbantu Lagu Edukasi

  • Ladika Anathiya UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Netriwati Netriwati UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Siska Andriani UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Abstract

 
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap pemahaman konsep matematis , untuk mengetahui pengaruh antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan redah terhadap pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan jenis True Eksperiment Design. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukau, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan strategi  pembelajaran Genius Learning berbantu lagu edukasi, kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan strategi  pembelajaran Genius Learning dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matemats dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji, untuk hipotesis pertama  ditolak karena nilai strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi= 0,000 kurang dari. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 81–92.

DA, F. (2017). Pengaruh Strategi Genius Learning Dan Disposisi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3).

Delima, E., & Kurniawan, R. Y. (2017). ANALISIS STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–4.

Diana, Putri et al. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik”. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). Vol. 4 no. 1 (2020).

Gunawan, Adi W. Genius Learning Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, (2012).

Habibi, B., Hartinah, S., Umam, R., Syazali, M., Lestari, F., Abdurrahman, A., & Jauhariyah, D. (2019). Factor Determinants of Teacher Professionalism as Development of Student Learning Education at School of SMK PGRI in Tegal City, Indonesia. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(2), 125– 134.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi
Aksara.

Heris Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Nilawati, M. (2016). Penerapan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2014/2015. AXIOM, 1–17.

Sahyan. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Menerapkan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas VIII MTs PAB-4 Helvetia Medan. Jurnal Hikmah, 14(1), 10–20.

Salmah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Pada Materi Menulis Anekdot Siswa Kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(September), 304–307.

Syahrul, M., Kalsum, U., Putri, C. N., & Mardiyana, L. (2020). The Influence of Classroom Flipped Model and Heuristic Vee on Students â€TM Understanding of Mathematical Concepts. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.24042/djm

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 KUOK Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
Published
2021-05-18
How to Cite
ANATHIYA, Ladika; NETRIWATI, Netriwati; ANDRIANI, Siska. Pemahaman Konsep Matematis Dilihat dari Minat Belajar dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning Berbantu Lagu Edukasi. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3500>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3500.
Section
Articles