Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Balo-Balo pada Prosesi Mantu Poci Tegal

  • Firman Syafa'at Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Khoirotunnisa Khoirotunnisa Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Nurul Fadhilah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Alimatus Sholikhah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

 
Pembelajaran matematika secara terus menerus berinovasi agar dapat memberikan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Etnomatematika merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika menggabungkan konsep matematika dengan budaya daerah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep matematika dalam kesenian balo balo dalam  budaya proses mantu poci Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ekspolratif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah terdapat konsep matematika dalam alat musik balo-balo yang meliputi bangun datar persegi panjang pada saron, lingkaran pada gong, tabung pada kendang. Pada tarian balo-balo terdapat konsep relfeksi, transalasi, rotasi, dan barisan bilangan. Konsep matematika tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk media pembelajaran matematika.

References

Andriani, Firda Febri. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Jurnal Kadikma Universitas Jember. 10(1), 45 – 55.

Apriliani, Nia dan Hakim, Arif Rahman. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM : Jurnal Nasional Pembelajaran Matematika. 4(1), 61 – 74.

Bakhri, Syamsul. (2018). Resiprositas Dalam Sunat Poci Dan Mantu Poci Masyarakat Tegal. Jurnal Analisa Sosiologi. 7(1), 94 – 109.

Desmawati, Riana. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerak Tarian Tradisional Sigeh Panguten Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Gerdes. 2006. Reflection on Ethnomathematics. For The Learning of Mathematics. New York.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter, Jurnal Didaktik Matematika. 1(2), 30 – 42.

Maskar, Sugama Dan Refiesta Ratu Anderha. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema Journal. 1(1), 40 -47.

Masyhur, Firdaus. (2017). Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). IPTEK-KOM. 19(1), 51 – 62.

Mulyono, Aris, dkk. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Ekologis Pada Redesain Tempat Pelelangan Ikan Di Kota Tegal. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipasif. 13 (1), 65 – 79.

Polya, George. (1974). Complex Variable. New York : Wiley.

Saeroni, M & Sukestiyarno . (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1) 76-88.

Setiawan, Teguh. (2009). Peranan Kelompok Kesenian Tradisional Balo-Balo dalam Kegiatan Keagamaan Islam di Kota Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Suharni. (2015). Westernisasi Sebagai Problem Pendidikan Era Modern. Jurnal Al – Ijtimaiyah, 1(1), 73 – 88.

Tamur, Maximus. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bebrbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Vibriyanti, Deshinta. (2014). Kondisi Sosial Ekonomi dan Pemberdayaan Nelayan Tangkap Kota Tegal Jawa Tengah. Jurnal Kependudukan Indonesia. 9(1), 45 – 58.
Published
2021-05-18
How to Cite
SYAFA'AT, Firman et al. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Balo-Balo pada Prosesi Mantu Poci Tegal. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-43, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3535>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3535.
Section
Articles