Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri

  • Shela Jazilatul Izah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

Abstract

 
Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari unsur-unsur matematika pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Penelitian ini dilakukan di Masjid Sunan Bonang, Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses observasi dan dokumentasi dilaksanakan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Sedangkan proses wawancara dilaksanakan untuk mengkaji nilai-nilai budaya pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya unsur geometri bidang datar dan geometri bidang ruang pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Elemen geometri yang diidentifikasi adalah persegi, persegi panjang, belah ketupat, lingkaran, segitiga, kubus, balok, tabung, prisma, dan limas. Sehingga dalam pembelajaran geometri dapat menggunakan konteks Mesjid Sunan Bonang. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi pembelajaran kontekstual dan digunakan sebagai contoh penggunaan konsep matematika disekitar kita.

References

Dimpudus, A. & Ding, A.C.H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Jurnal PRIMATIKA, 8(3).

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan ajar transformasi geometri berbasis discovery learning melalui pendekatan etnomatematika. J. Elem, 4(2), 145.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Jurdak, M, (2016). Learning and Teaching Real World Problem Solving in School Mathematics: Real-World Problem Solving from the Perspective of Ethnomathematics, CH 3, 121 – 133.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164-176.

Marhummah, U., & Mariana, N. (2020). Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3).

Piaget, J., Inhelder, B., & Szeminska, A. (2013). Child's conception of geometry (Vol. 81). Routledge.
Published
2021-05-18
How to Cite
IZAH, Shela Jazilatul; MALASARI, Putri Nur. Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-58, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3597>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597.
Section
Articles