Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Fera Afriani Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Nalim Nalim Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

 
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design yang berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, dan memberikan kesimpulan bahwa dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,033  0,05 maka  diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi-1). Jakarta: Bumi Aksara.

Astutik, Wiji. 2017. Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual UNU Blitar. 2 (2). 126. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41 diperoleh dari https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/41

Azwa, Aina Natasya. 2018. “Penagruh Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Rebang Tangkas Way Kanan Tahun 2017/2018”. Skripsi. Lampung: Universitas Raden Intan Lampung.

DePorter, Bobby dkk. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Hanafi, Muh. Sain. 2017. Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kabupaten Gowa. Al-Kalam: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Kemasyarakatan UIN Alauddin Makasar. 9 (2). 131. Di peroleh dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm/article/view/4481

Handayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamil, Ibrahim M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak: Jurnal Ilmiah: Pendidikan Anak STKIP AN-NUR Nanggroe Aceh Darussalam. 1 (1). 6. Di peroleh dari http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/download/18/17

Kalsum, Umi. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Aceh Tamiang”. Skripsi. Aceh: IAIN Langsa Aceh.

Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.

Nalim dan Salafudin. 2012. Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi: Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto. 1 (1). 25. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530 diperoleh dari http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salafudin dan Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Saputro, Trimo dan Sri Latifah. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus: Indonesian Journal of Science and Mathematics Education UIN Raden Intan Lampung. 1 (2). 35-36. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2770 diperoleh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2770

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yanuarti, Ary dan Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia. 1 (1). 15. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261 diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3261/0
Published
2021-05-18
How to Cite
AFRIANI, Fera; NALIM, Nalim. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-70, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3604>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3604.
Section
Articles