Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring

  • Pratidina Puspita Sari Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Muhammad Najibufahmi Universitas Pekalongan

Abstract

 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wabah virus korona (Covid-19)  yang berdampak pada sistem pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang pada umumnya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Hal tersebut berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa, sebab karakter siswa yang masih bergantung pada guru dalam menerima materi sepenuhnya. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dalam pembelajaran daring kelas VII SMP Muhammadiyah Pekajangan tahun ajaran 2020/2021.  Data diperoleh melalui angket kemandirian belajar, angket kreativitas belajar dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh (1) ada pengaruh signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan besarnya pengaruh adalah 33,3%, (2) ada pengaruh signifikan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan besar pengaruh 14,0%, dan (3) ada pengaruh signifikan kemandirian belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan pengaruh sebesar 33,4%.

References

Akhdiyat, A.M., & Hidayat, W. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1045-1054. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054

Ali, M., & Asrori, M. 2012. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Amrin, Syaiful. 2017. Pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Materi Akuntansi Kelas XI IPS SMA Swasta Islam Muthmainah Ende. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1-12.

Ansori, Y., Herdiman, I., Fajriah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.

Aslach, Z., Jupriyanto., & Sari, Yunita. 2020. Pengaruh Kreativitas Siswa dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SDN Kalisari 1. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 7(1) 30-43.

Banat, A. & Martiani. 2020. Kemandirian Belajar Mahasiswa Penjas Menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning Pada Pembelajaran Profesi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 119-125. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20147

Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Darminto, B.P, & Janah, C.W. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo. Ekuivalen, 21(2), 167-171.

Gunawan, Muhamad Ali. 2015. Statistika Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hidayat, M. A., & Sutirna. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 809–817.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan. Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Naim, Z. A., & Djazari, M. 2019. Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 127–144. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26517

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. 2016. Pengaruh Kemandiran Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1): 73-84.

Narwoto, N., & Soeharto, S. 2013. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 222–233. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1603

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sari, A., Wardhana, C. K., & Oesman, A. M. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Ibb MAN Magelang. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.15294/chie.v6i1.22577

Sappaile, Baso Intang. 2010. Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika 1(2). 105-113.

Wardani, K., Darsono., & Pujiati. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kreativitas Belajar dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar. Jurnal Studi Sosial, 5(3).

Wulansari, Lusiana. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 141–156.
Published
2021-05-18
How to Cite
SARI, Pratidina Puspita; HIDAYAH, Nurina; NAJIBUFAHMI, Muhammad. Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 71-82, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3610>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3610.
Section
Articles