Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

  • Ardian Shafry Albar Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Santika Lya Diah Pramesti Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

 
Hasil belajar adalah sebuah pencapaian yang dihasilkan siswa melalui suatu proses pembelajaran. Hasil belajar bisa dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya belajar siswa dan pola asuhnya didalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar gaya belajar dan pola asuh siswa mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari  hasil uji penelitian didapatkan koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,1%. Kemudian hasil uji koefisien determinasi R2 variabel pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,4%. Serta hasil uji koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa dan pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,7%.

References

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.

Karnangsah, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. EDUCATIO, 2.

Sabri, M. A. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sholichah, A. S. (2018, April 16 ). Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam , VII, 25.

Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR, VI, 9.

Widayanti, F. D. (2013, Desembe). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. (ERUDIO, II, 8.

Widayanti, W. d. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 34.

Zahratul Adami, M. H. (2017, April). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Unsyiah, II, 139.

Zulhaini S, E. P. (2019). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Manarang, 8.
Published
2021-05-18
How to Cite
ALBAR, Ardian Shafry; PRAMESTI, Santika Lya Diah. Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 83-94, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3620>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3620.
Section
Articles