Implementasi Tradisi Syawalan pada Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika

  • Nailatusy Syifa Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Salafudin Salafudin Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

 
Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika seringkali bersifat monoton dan teoritis serta kesamaan soal untuk siswa dari tahun ke tahun. Masyarakat pun tidak menyadari bahwa budaya mengandung konsep matematika dalam konstruksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tradisi syawalan dan kaitannya dengan materi pembelajaran dan aplikasinya dalam persoalan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa gambar dan deskripsi hasil perolehan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi syawalan “lopis raksasa” dan “balon udara panas” mengandung beberapa konsep matematika berupa berupa ruang dan konstruksinya juga menggunakan matematika seperti konse pengukuran yang juga berkaitan dengan materi pelajaran matematika. Materi pelajaran matematika yang berkaitan dengan tradisi lopis raksasa yaitu perbandingan, teorema Pythagoras, bangun datar dan bangun ruang sisi lengkung.  Sedangkan balon udara panas mengandung konsep persamaan fungsi kuadrat, perbandingan, teorema Pythagoras dan bangun datar. Oleh karena itu, ini dapat diimplementasikan dalam soal latihan siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika yang inovatif dan kontekstual. Ini juga akan memudahkan peneliti dalam menggunakan konse matematika dalam lopis dan konstruksi balon udara.

References

Anggito , A & Johan , S . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV jejak.

Dimpudus, A. & Ding, A.C.H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Jurnal PRIMATIKA, 8(3).

Helaludin & Hengki , W. (2019). Analisis Data Kualitatif. Buku Online ISBN : 978-623-90515-7-0

Huda,N.T. (2018). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal nasional pendidikan matematika, Vol 2 No. 02.

Indriani, P . (2016). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar.Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Manzilati, A . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode, dan Aplikasi . Malang: Universitas Brawijaya Press.

Murdijati,dkk. (2015) . Pekalongan Dendam Rindu Riuhnya Sari Bumbu . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI.

Panjaitan, A.P , dkk. (2014). Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta:Yayasan pustaka obor Indonesia.

Sasrwoedi, dkk. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal pendidikan matematika raflesia, Vol 3 No.02.
Published
2021-05-18
How to Cite
SYIFA, Nailatusy; SALAFUDIN, Salafudin. Implementasi Tradisi Syawalan pada Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 95-111, may 2021. ISSN 2777-1008. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3623>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3623.
Section
Articles