Konsep Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SD Semai Jepara)

  • ana rahmawati UNISNU Jepara

Abstract

Pendidikan sangatlah penting bagi manusia untuk dapat mencapai kesejahteraan sosialnya. Tak terkecuali bagi anak-anak yang kurang beruntung baik dari segi fisik ataupun mental. Namun yang terjadi di lapangan, anak yang berkebutuhan khusus selalu mendapatkan pengecualian. Keberadaan sekolah inklusi dapat menjadi jawaban untuk memberikan hak yang sama bagi ABK di dunia pendidikan dan social. Di sekolah inklusi mereka dapat belajar dan bersosialisasi dengan anak reguler lainnya. Bagi orang-orang disekitar mereka dapat juga dapat belajar agar lebih banyak bersyukur karena diberi kehidupan yang sempurna. Pembelajaran lain bagi kita bersama ialah untuk dapat mengakui dan menghormati mereka. Penerapan sekolah inklusi tentu mendapatkan banyak tantangan di dalamnya, system yang diterapkan sama dengan sekolah reguler lainnya, hanya saja konsep lingkungan dibangun ramah anak, agar ABK lebih nyaman karena mereka sangat membutuhkan pelayanan pendidikan yang khusus disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta potensi mereka. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep pembelajaran PAI bagi ABK di sekolah inklusi SD Semai Jepara, metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada sekolah inklusi di SD Semai tidak jauh berbeda dengan sekolah regular lainnya, materi yang di ajarkan sama, sedangkan metode yang digunakan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Pada materi tertentu ABK cepat merespon materi yang menggunakan metode parody. Pembelajaran bagi ABK tetap dengan standarisasi yang berbeda  dengan anak regular. Pendidik sangat dituntut untuk sekreatif mungkin dalam menyelenggarakan pembelajaran karena di dalam satu kelas terdapat siswa dari berbagai latar belakang kondisi. Maka dari itu untuk menunjang pembelajaran yang kondusif pada kondisi tertentu pendidik di SD Semai membaginya menjadi dua kelompok yaitu kelompok besar dan kelompok kecil untuk mengoptimalkan proses pembelajaran PAI.
Published
2019-03-24
How to Cite
RAHMAWATI, ana. Konsep Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SD Semai Jepara). Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 164-175, mar. 2019. ISSN 2548-5822. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/1361>. Date accessed: 21 apr. 2019.
Section
Articles