Inovasi Safety School: Mengulik Spiritual Learning pada Madrasah Permodelan di Lombok, Indonesia

  • Ahyar Ahyar

Abstract

Konsep safety school bermula dari fenomena kenakalan remaja, seperti, adanya peserta didik membolos, terlambat, merokok, narkoba, razia gawai, berkembangnya paham radikalisme, dan lemahnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Untuk merespon fenomena tersebut, dua sekolah menengah pertama negeri di Lombok, Indonesia, hadir sebagai madrasah yang membangun pendidikan zero accident. Didasari dengan studi kasus kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana dua madrasah tersebut melakukan langkah prefentif terhadap kenakalan peserta didik melalui konsep safety school, sehingga tidak kehilangan identitasnya sebagai lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi nilai spritualitas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjawab tantangan ini, dua madrasah permodelan tersebut telah menyusun dan mengembangkan inovasi safety school tidak hanya didukung inovasi fisik, seperti fasilitas CCTV, security, tembok pembatas, tata tertib yang ditentukan, dan penataan bangunan madrasah tetapi juga ditopang dengan inovasi nonfisik, yaitu: spritual learning. Penelitian ini juga mempromosikan bahwa spiritual learning pada kedua madrasah ini direalisasikan dalam seperangkat komponen program keagamaan, seperti shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, gerakan bina lingkungan, program one day one ayat, penguatan tartil dan tahfiz al-Qur'an, program Imtaq (iman dan taqwa), community-based madrasah, dan pemanfaatan laboratorium agama.

References

Akhmad Sudrajat. (2008). Madrasah Sehat dan Madrasah Sakit: Diambil tanggal 01 Mei 2018 di http://akhmadsudrajat.wordpress.com
Ali Abdullah Said Syanifi. (2018). “The Role of Schools leaders in Provide an Safety Educational Environment among High School Students at Al- Riyadh. IUG Journal of Educational and Psychology Sciences (Islamic University of Gaza). Vol 26, No 2, 2018, pp 327 -348.
Anna Diaz-Vicario & Joaquin Gairin Sallan, (2011). A Comprehensive Approach To Managing School Safety: Case Studies in Cataloni. Spain: Educational Research.
Crystal A. Garcia. (2003). School Safety Technology in America: Current Use and Perceived Effectivenes. Criminal Justice Policy Review, Volume 14, Number 1, March.
Desi Trian. (2008). Merindukan Madrasah Sehat. Diambil tanggal 28 April 2008 di http://www.lampungpost.com.
Jane Clark Lindle,. (2008). School Safety Real or Imagined Fear? Educational Policy, Volume 22 Number 1 January.p. 28-44 http://epx.sagepub.com hosted at http://online.sagepub.com.
Laely Mahmudah, (2016). Spiritual Teaching dalam Pembelajaran IPA di Madrasah, Edukasia, Vol. 11, No. 2, Agustus.

Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (1984). Qualitatif Data Analysis. London: Sage Publication Ltd.

Muhammad & Ibnu Elmi as Pelu. (2009). Label Halal Antara Spritualitas Bisnis dan Komuditas Agama, Malang: Madani.

Observasi tanggal 20 Juli 2018 Jam 10.00 Wita.

Solikhin & Puji Hartono. (2010). Spritual Problem Solving, Yogyakarta: Pro-U Media.
Squires, David A., Huitt, William G., and Segars, John K. (1983). Effective Schools and Classroom: A Research-Based Perspective. Virginia: ASCD.
Sugioyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Peta Dakwah NTB (2011). Peta Dakwah NTB. Laporan Tidak Diterbitkan.

Wawan Dhewanto, dkk,. (2014). Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: Andi Offset.
Wawancara dengan M. Lutfi, Guru MTsN 1 Mataram Tanggal 20 Juli 2018.

Wawancara dengan Mahli, Guru Bimbingan Konseling MTsN 1 Praya pada Tanggal 15 Juli 2018.

Wawancara dengan Muhbahir, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MTsN 1 Mataram pada Tanggal 20 dan 22 Juli 2018.

Wawancara dengan Muliadi, Kepala Madrasah MTsN 1 Praya pada Tanggal 10 Juli 2018.

Wawancara dengan Sujarna, Guru Wali Kelas MTsN 1 Praya pada Tanggal 10 Juli 2018.

Wawancara dengan Zaenuddin. Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurkulum MTsN 1 Praya pada Tanggal 10 Juli 2018.

Weijun Wang, Tracy Vaillancourt, and Heather L. Brittain. (2014). School Climate, Peer Victimization, and Academic Achievement: Results from a Multi-Informant Study, School Psychology Quarterly, Vol. 29, No. 3.
Yin R.K. Studi Kasus. Desain dan Methode. (1987). Terjemahan oleh M. Djazi Mudzakkir, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bibraf Publishing.
Published
2019-11-18
How to Cite
AHYAR, Ahyar. Inovasi Safety School: Mengulik Spiritual Learning pada Madrasah Permodelan di Lombok, Indonesia. Edukasia Islamika, [S.l.], p. 205-225, nov. 2019. ISSN 2548-5822. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/2301>. Date accessed: 30 may 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v4i2.2301.
Section
Articles