Urgensi Materi Maqashid al-Syariah pada Mata Pelajaran PAI

  • Ade Dedi Rohayana IAIN Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi materi maqashid al-syariah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan usaha yang bisa dilakukan guru dalam mentransformasikan nilai-nilai maqashid al-syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, urgensi materi maqashid al-syariah dalam mata pelajaran PAI adalah untuk menanamkan pemikiran dan pemahaman yang baik dan benar kepada para peserta didik tentang tujuan pokok dari ditetapkannya syariat Islam, yaitu: memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta benda. Kelima hal inilah yang menjadi substansi ajaran al-Qur’an dan Hadits yang akan mengantisipasi para peserta didik terpengaruh oleh paham intoleransi dan radikalisme agama. Kedua, usaha yang bisa dilakukan oleh guru PAI dalam mentransformasikan nilai-nilai maqashid al-syariah kepada para siswa antara lain: guru PAI harus mampu memahami konsep maqashid al-syariah sebagai tujuan utama pensyariatan dari setiap ajaran Islam termasuk yang terkadung dalam materi PAI, guru PAI harus mampu menguasai konsep tentang sabab al-nuzul dari suatu ayat atau sabab al-wurud dari suatu hadits, sehingga dalam memahami dan menyampaikan ayat al-Qur’an atau Hadits tidak terjebak hanya pada tataran tekstual semata, dan guru PAI harus mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang tafsir al-Qur’an mu’tabar sehingga mampu memberikan sebuah simpulan tentang hikmah al-tasyri’ yang bermuara pada maqashid al-syariah.

References

‘Asyur, M. T. I. (2012). Maqashid al-Syariah al-Islamiyyah. Beirut: Dar al-Salam.

Afifah, N. (2017). Esensi Maqashid Syari ‘ah dalam Kurikulum dan Pembelajaran Fiqih. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(2), 199 - 214.

Al-Asqalani, I. H. (tt). Fath al-Bari, ed. Muhibbuddin aI-Khatib. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Al-Baqi, M. F. A. (tt). Miftah Kunuz al-Sunnah. Beirut: Dar al-Salam.

Al-Bukhari, M. B. I. (1985). Shahih al-Bukhari, ed. Mustafa al-Bigha. Beirut: Dar Ibn Katsir.

Al-Naisaburi, M. B. H. (tt). Shahih Muslim, ed. Fuad Abdul Baqi. Beirut: Dar Ihya al-Turats.

Al-Raisyuni, A. (2014). Nazhariyyah al-Maqashid ‘Inda al-Imam al-Syathibi. Kairo: Dar al-Kalimah.

Auda, Jasser. (2007). Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A System Approach. London: The International Institute of Islamic Thought.

Darajat, Z. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dzulhadi, Q.N. (2017). Urgensi Asbab al-Nuzul dalam Memahami al-Qur’an. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 15(1), 117-132.

Ibrahim, A. H., Rahman, N. N. A., Saifuddeen, S. M., & Baharuddin, M. (2019). Maqasid al-Shariah Based Islamic Bioethics: A Comprehensive Approach. Journal of Bioethical Inquiry, 16, 333-345. https://doi.org/10.1007/s11673-019-09902-8

Khasinah, S. (2013). Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam dan Barat. Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran. 13(2), 298-317.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). Lampiran Permendikbud Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mawardi, A. I. (2010). Fiqh al-Aqalliyyat dan Evolusi Maqashid al-Syariah dari Konsep ke Pendekatan. Yogyakarta: LKiS.

Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasyid, M. H. (2019). Konsep Pendidikan Islam dalam Maqashid al-Syariah. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(2), 1-9.

Salim, A. (2019). Power Point, Jakarta.

Sutrisno. (2017). Paradigma Tafsir Maqasidi. Rausyan Fikr, 13(2), 321-357.

Syah, I. M., dkk. (1987). Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Tafsir, A. (2000). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Bandung.

Umayah. (2016). Tafsir Maqashidi: Metode Alternatif dalam Menafsirkan Al-Qur’an. Diya al-Afkar, 4(1), 36-58.

Wasehudin. (2018). Menggagas Nilai-nilai Pendidikan Humanis dalam Maqasid al-Syariah. Tazkiya: Jurnal Ke-Islaman, Kemasyarakatan & Kebudayaan, 19(2), 69-80.
Published
2019-11-20
How to Cite
ROHAYANA, Ade Dedi. Urgensi Materi Maqashid al-Syariah pada Mata Pelajaran PAI. Edukasia Islamika, [S.l.], p. 243-260, nov. 2019. ISSN 2548-5822. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/2302>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v4i2.2302.
Section
Articles