Pendidikan Kritis dan Strategi Authentic Learning: Studi Konsep Pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire

  • Achmad Hidayatullah universitas muhammadiyah surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya menjawab permasalahan sosial masyarakat yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan untuk menangani hal tersebut. Gagasan KH. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire bisa dijadikan model dalam implementasi pendidikan agar bisa menjawab permasalahan sosial kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire yang meliputi gagasan besar konsep pendidikan dan implementasinya dalam pembelajaran yang memuat strategi, pendekatan dan metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literature. Data dikumpulkan melalui penelusuran terhadap artefak, dokumen serta artikel ilmiah yang relevan dengan pokok bahasan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah, meskipun mereka hidup di tempat dan masa yang berbeda, namun peneliti menemukan empat persinggungan pemikiran keduanya. Pertama, pada gagasan besar baik KH. Ahmad Dahlan ataupun Paulo Freire menggunakan konsep pendidikan kritis. Kedua, Strategi yang digunakan oleh mereka untuk mengimplementasikan gagasan pendidikan adalah strategi authentic learning. Mereka membawa muridnya untuk membaca fenomena nyata yang dialami. Ketiga, keduanya memilih pendekatan student center learning. Keempat, metode yang mereka gunakan adalah dialog dengan para muridnya. Keempat persinggungan tersebut memiliki relevansi dengan pelaksanaan pendidikan Indonesia saat ini. Secara konseptual, strategi, pendekatan dan metode yang digunakan kedua tokoh di atas terwakili dengan adanya Kurikulum 2013.

References

Aji, W. N. (2017). Operasi Metode Instruksi Sendiri Dengan Program ( Programmed Self-Instructional Methods ) Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kurikulum 2013. Magistra, 29(100), 44–49.

Al-Husein, M. S. (1999). Kritik Sistem Pendidikan. Bandung: Bandung : Pustaka Kencana.

Ali, F. (2018). Incorporating Values of Moderate Islam for the 21 st Century Learners in an English as a Foreign Language Class. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jei.v3i1.1676

Ali, H. A. M. (1995). Alam pikiran Islam modern di Timur Tengah. jakarta: Jakarta : Djambatan.

Ali, M., Kuntoro, S. A., & Sutrisno. (2016). Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 43–58. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.7821

Alifiyah, H. Y. (2013). Konsep Pendidikan Imam Zarnudi dan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 201–221. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.201-221

Arofah, S., & Jamu’in, M. (2015). Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan. Tajdid: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah, 13(2), 114–124.

Burhani, A. N. (2004). Muhammadiyah JAWA diterjemahkan dari Te Muhammadiyah’s attitude to Javanese Culture in 1912-1930: Appreciation and Tension Karya Ahmad Najib Burhani, Tesis Master, Universitas Leiden, Belanda, 2004. Al-Wasat Publishing House: Jakarta.

Callison, D., & Lamb, A. (2004). Audience Analysis. School Library Media Activities Monthly, (Vol. 21). ProQuest Central.

Escobar, M. (2016). Sekolah Kapitalisme Yang Licik (Terjemahan Mundi Rahayu). Yogyakarta: Yogyakarta : IRCiSoD.

Fakih, M. (2001). Pendidikan Popular:membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Yogyakarta : Insistpress.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Freire, P. (2000). Pedagogy Of Freedom : Ethics, Democracy, and Civic Courage (Critical P). New York: New York :Rowman & Littlefield Publishers.

Freire, P. (2013). Pedagogy of the oppressed. New York: New York: The Continuum International Publishing Group Inc.

Giroux, H. A. (2010). Rethinking education as the practice of freedom: Paulo Freire and the promise of critical pedagogy. Policy Futures in Education, 8(6), 715–721. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2304/pfie.2010.8.6.715

Glass, R. D. (2001). On Paulo Freire’s Philosophy of Praxis and the Foundations of Liberation Education. Educational Researcher, 30(2), 15–25. https://doi.org/10.3102/0013189X030002015

Hakim, T. (2010). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Jakarta :Niaga Swadaya (group Penebar Swadaya).

Herrington, J., Oliver, R., & Reeves, T. C. (2003). Patterns of engagement in authentic online learning environments. Australasian Journal of Educational Technology, 19(1), 59–71. https://doi.org/10.14742/ajet.1701

Lenggono, W. (2018). Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia). Islamadina Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 43–62. https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i1.2897

Lombardi, M. M. (2007). Anger over lack of parking at Glasgow’s super hospital. (D. G. Oblinger, Ed.), Educase Learning Initiative.

Maina, F. W. (2004). Authentic Learning: Perspectives from Contemporary Educators. Journal of Authentic Learning, 1(1), 1–8.

Mulkhan, A. M. (2008). Islamic Education and Da’wah Liberalization: Investigating Kiai Achmad Dachlan’s Ideas. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 46(2), 401. https://doi.org/10.14421/ajis.2008.462.401-430

Mustapa, L. (2017). Pembaruan Pendidikan Islam: Studi atas Teologi Sosial Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ), 2(1), 90–111.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nurhadi, R., & Sudar. (2015). Basis Filosofi Pendidikan Nasional ( Studi Terhadap Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara , K . H . A . DAHLAN , Dan K . Hasyim Asyari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 1(1), 45–58.

Nuris, A. (2017). Ahmad Dahlan Dan Pesantren: Gerakan Pembaharuan Pendidikan, Dakwah, Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Indonesia. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 1(2), 243–258. https://doi.org/10.28944/dirosat.v1i2.15

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.24952/fitrah.v5i2

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Pramudya, W. (2001). Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia . Veritas : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2(2), 245–255. https://doi.org/10.36421/veritas.v2i2.63

Rule, A. (2006). The components of authentic learning. Journal of Authentic Learning, 3(1), 1–10.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Jakarta: Jakarta : Kencana Media Group.

Soedja’, H. (1998). Muhammadiyah dan Pendirinya. Yogyakarta: Yogyakarta : Majelis Pustaka PP Muhammadiyah.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Yogyakarta: Deepublish.

Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan KI Hajar Dewantoro. Cendekia, 10(1), 79–92. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.403

Taylor, E. W., & Cranton, P. (2012). The Handbook of transformative learning : Theory, research and practice. San Fransisco: San Fransisco : Jossey-Bass.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 95–118. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58
Published
2020-06-30
How to Cite
HIDAYATULLAH, Achmad; SOEMANTRI, Sandha. Pendidikan Kritis dan Strategi Authentic Learning: Studi Konsep Pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire. Edukasia Islamika, [S.l.], p. 103-120, june 2020. ISSN 2548-5822. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/2377>. Date accessed: 15 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v5i1.2377.
Section
Articles