Pemikiran Kartini tentang Hukuman dalam Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam

  • Miftakur Rindlo MIN 2 Jepara

Abstract

R.A. Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Perjuangan seorang Kartini ternyata tidak hanya sebatas memperjuangkan kaum wanita yang terkungkung oleh adat pada masa itu, tetapi juga berpikir tentang perkembangan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran Kartini tentang hukuman dalam pendidikan dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode induktif dan masuk ke dalam kategori penelitian kepustakaan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang diterbitkan oleh penerbit Narasi Yogyakarta tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kartini menyetujui penerapan hukuman dalam dunia pendidikan. Meskipun demikian, Kartini menolak adanya penerapan hukuman yang melibatkan kekerasan fisik seperti pukulan dan siksa badan. Hal ini dikarenakan penerapan hukuman fisik tidak dapat memberikan edukasi yang baik pada peserta didik, namun justru dapat menimbulkan rasa dendam dan rendah diri. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa dalam pemberian hukuman kepada peserta didik, pemikiran Kartini masih relevan dengan konsep pendidikan Islam karena sebagian besar para tokoh pendidikan Islam masih memberikan lampu hijau terhadap pelaksanaan hukuman dalam pendidikan.

References

Anggraini, S., dkk. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221-229.

Baroroh, U. (2018). Konsep Reward dan Punishment Menurut Irawati Istadi: Kajian dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 48-64.

Dimas, M. R. (2005). 20 Langkah Salah Mendidik Anak. (Terjemahan Tate Qomaruddin). Bandung: Syaamil Cipta Media.

Fauzi, M. (2016). Pemberian Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Ibroh, 1(1), 29-49.

Istadi, I. (2005). Agar Hadiah dan Hukuman Efektif. Bekasi: Pustaka Inti.

Kartini, R. A. (2018). Habis Gelap Terbitlah Terang. (Penyunting oleh Ari P.). Yoyakarta: Narasi.

Mahmud, A. (2017). Akhlak Terhadap Allah dan Rasulullah saw. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 11(2), 57-68.

Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Epistimologinya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar, 7(1), 147-160.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muzakki, J. A. (2017). Hakekat Hukuman Dalam Pendidikan Islam.Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 75-86.

Najmi & Ofianto. (2016). Perjuangan Pendidikan Kartini VS Rahmah El Yunusiyyah Bagi Perempuan Indonesia: Sebuah Pendekatan Historis dan Kultural. Jurnal: Sejarah dan Budaya, 10(1), 75-83.

Prima, E. (2016). Metode Reward dan Punishment dalam Mendisiplinkan Siswa Kelas IV di Sekolah Lentera Harapan Gunung Sitoli Nias. Jepun: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(2), 185-198.

Purwanto, M. N. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raihan. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie. Dayah: Journal of Islamic Education, 2(1), 115-130.

Sabartiningsih, M., dkk. (2018). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Aulady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60-77.

Sudrajat. (2007). Kartini: Perjuangan dan Pemikirannya. Mozaik: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-14.

Sugiono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparmi & Septiawan, V. (2019). Reward dan Punishment Sebagai Pemicu Kinerja Karyawan Pada PT. Dunia Setia Sandang Asli IV Ungaran.Serat Acitya: Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 8(1), 51-61.

Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yanuar, A. (2012). Jenis-jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD. Yogyakarta: Diva Press.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Published
2020-06-30
How to Cite
RINDLO, Miftakur. Pemikiran Kartini tentang Hukuman dalam Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Edukasia Islamika, [S.l.], p. 88-102, june 2020. ISSN 2548-5822. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/2411>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v5i1.2411.
Section
Articles