Konsinyasi Pengadaan Tanah untuk Jalan Tol Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012

  • el hisbah journal
  • Muhammad Syukron Afifufillah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Nur Afifah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • M Arsyi Fadhli Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Abstract

Artikel ini mengkaji konsep konsinyasi dalam pengadaan tanah untuk jalan tol ditinjau dari perspektif hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis, yaitu pembahasan yang diperoleh dengan mengumpulkan data dari buku tentang konsep konsinyasi dalam pengadaan tanah untuk jalan tol dikomparasikan dengan teori mashlahah. Dari hasil penelitian ini, penulis menggambarkan bahwa sudah terdapat proses musyawarah dan penghormatan terhadap hak-hak yang ada. Pembangunan jalan tol mempunyai manfaat yang sangat luas bagi masyarakat sehingga telah sesuai dengan konsep mashlahah, yaitu mengambil manfaat dan meninggalkan madarat (bahaya).

References

Asmawati, A. (2017). Pengadaan Lahan Tanah Untuk Kepentingan Umum Dalam Prespektif Fiqh Mumalah (Studi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo). Skripsi, Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta.

Basyir, A. A. (1990). Pokok-pokok Filsafat Hukum. Yogyakarta: Fak. Hukum UII.

Echol, J. M. dan Shadily, H. (2005). Kamus an English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harun. (2009). Pemikiran Najmudin at-Tahufi tentang Konsep Mashlahah sebagai Teori Istinbath Hukum Islam. Jurnal Ishraqi, 5(1), 21-34.

http://bpjt.pu.go.id/berita/dalam-empat-tahun-kementerian-pupr-rampungkan-616-km-tol-trans-jawa, diakses tanggal 24 Januari 2019.

http://bpjt.pu.go.id/berita/dalam-empat-tahun-kementerian-pupr-rampungkan-616-km-tol-trans-jawa, diakses tanggal 24 Januari 2019.

Mansyur. (2006). Kebijakan Pemerintah tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum Perpektif Islam (Studi Perpres No. 36/2005). Skripsi, Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Puspa, Y. P. (2010). Kamus Hukum. Semarang: Penerbit Aneka Ilmu.

Rahmat, M. S. (2019). Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum (Studi Komparatif Hukum Islam dan Hukum Agraria di Indonesia. Skripsi, Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Subekti, R. dan Tjitrosudibio, R. (2004) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Burgerlijk Wetboek. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sutedi, A. (2020). Implementasi prinsip kepentingan umum di dalam pengadaan tanah untuk pembangunan. Jakarta: Sinar Grafika.

Sutedi, A. Implementasi Kepentingan Umum dalam Pengadaan Tanah untuk Pembangunan. Jakarta: Sinar Grafika.

Syarifuddin, A. (2014). Ushul Fiqh Jilid I. Jakarta: Prenada Media.

Tehupeiory, A. (2017), Makna Konsinyasi Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Tim Penyusun. (2007). Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Perdata Umum dan Perdata Khusus. Jakarta: Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan umum.

Zakie, M. (2011). Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum (Perbandingan Antara Malaysia Dan Indonesia). Jurnal Hukum Ius Quia Iustum. No. Edisi Khusus, 18, 187-206.
Published
2021-05-28
How to Cite
JOURNAL, el hisbah et al. Konsinyasi Pengadaan Tanah untuk Jalan Tol Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012. el hisbah: Journal of Islamic Economic Law, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-32, may 2021. ISSN 2797-5819. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/el_hisbah/article/view/3802>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/el_hisbah.v1i1.3802.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.