EDUCATIONAL MARKETING DAN PERILAKU ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN SALAFI AS-SUNNAH AIKMEL LOMBOK NTB)

  • Abdul Hayyi Akrom Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor NTB

Abstract

Tema mengenai educational marketing dan perilaku organisasi bisa dikatakan hal baru. Lebih-lebih untuk pondok pesantren. Kendati dalam beberapa hal yang ada selama ini, sesungguhnya telah melakukan langkah-langkah marketing. Tulisan ini mencoba menjelaskan tentang educational marketing dan perilaku organisasi pada lembaga pendidikan Islam, khususnya pondok pesantren. Sebagai obyek studi kasus tulisan ini, penulis menjadikan pondok pesantren as-Sunnah, Aikmel, Lombok Timur, Lombok NTB sebagai pokok kajian dalam perspektif educational marketing dan perilaku organisasi. Hal ini penulis lakukan, karena pondok pesantren as-Sunnah memiliki keunikan. Paling tidak, karena keberadaannya, yang berbeda dengan maenstrem, bahwa pondok pesantren identik dengan lembaga pendidikan Nahdhatul Ulama. Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren dengan basis kultur jamaah salafi. Inilah di antara alasan penulis untuk mengkajinya. Tulisan ini menemukan, bahwa keberadaan educational marketing dan perilaku organisasi penting bagi pondok pesantren. Sebab keberadaannya sesuai dengan semangat dan tuntan zaman menjadi piar penting bagi sebuah lembaga pendidikan Islam. Educational marketing dan penguatan kesadaran perilaku organisasi pada sebuah lembaga pendidikan Islam, seperti pondok pesantren seharusnya sudah ada di masing-masing lembaga. Keberadaannya menjadi penting untuk menjalankan peran-peran marketing dalam rangka memperkuat eksistensi lembaga (pondok pesantren) di tengah-tengah masyarakat dan di tengah kompetisi dengan lembaga pendidikan umum di Tanah Air. 
Published
2018-01-23
How to Cite
AKROM, Abdul Hayyi. EDUCATIONAL MARKETING DAN PERILAKU ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN SALAFI AS-SUNNAH AIKMEL LOMBOK NTB). HIKMATUNA : Journal for Integrative Islamic Studies, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 47-63, jan. 2018. ISSN 2503-3042. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1069>. Date accessed: 23 feb. 2018.
Section
Artikel