Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

  • Wulan Izzatul Himmah IAIN Salatiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Eka Sakti Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel ditetapkan dengan cara random dan diperoleh siswa kelas IX Nusa sebagai kelompok eksperimen dimana pembelajarannya menggunakan bantuan multimedia dan siswa kelas IX Bangsa sebagai kelompok kontrol dimana pembelajarannya tanpa multimedia. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah tes hasil belajar matematika. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) pembelajaran matematika berbantuan multimedia efektif dilihat dari hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung; 2) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran matematika berbantuan multimedia dan pembelajaran matematika tanpa bantuan multimedia dilihat dari hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung; 3) pembelajaran matematika berbantuan multimedia lebih efektif dari pembelajaran matematika tanpa bantuan multimedia dilihat dari hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.

References

As’ari, Abdur Rahman, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, and Ibnu Taufiq. (2017). Buku Guru Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Darhim. (2016). Workshop Matematika, 1st edn. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Istiqlal, Muhammad, and Dhoriva Urwatul Wutsqa. (2013). ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Logika Matematika Developing Instructional Multimedia of Mathematics of Senior High School to Improve Motivation and Achievement of Mathematic Learning on the Topic of Mathematics Logical’, 8 , 44–54.
Karimah, Annisa, Rusdi, and M. Fachruddin. (2017). ‘Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1, 9–13.
Kusrini. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
_________. (2014). Lampiran 1 Permendikbud No. 58 Tahun 2014.
Lia, Linda. (2013). ‘Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sains’, 132–40
Nata, Abuddin. (2014). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, 1st edn. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Permendikbud No.22 Tahun 2016, 2016
Sakat, Ahamad Asmadi, Mohamad Zaid, Mohd Zin, Rusli Muhamad, Anzaruddin Ahmad, and Universiti Putra. (2012). ‘Educational Technology Media Method in Teaching and Learning Progress Nurfahiratul Azlina Ahmad and 4 Mohd Arip Kasmo Department of Al Quran and Al Sunnah Studies , Faculty of Islamic Studies , Centre for Islamic Thought and Understanding , Faculty of Modern Languages and Communication , Centre For General Studies , Universiti Kebangsaan Malaysia ’, 9, 874–78
Siregar, Eveline&Hartini, Nara. (2010) Teori Belajar Dan Pembelajaran, ed. by Asep Jamludin. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sundayana, Rostina. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, ed. by Daeng Komariah, Imas&Nurjamal. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, Amin. (2004). Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES.
Wardhani, Sri. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika Di SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Windro Sasongko, Hanan, and Yudom Rudianto. (2016). Pemaanfaatan Media Dan Pengembangan Materi Pembelajaran. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Published
2019-02-12
How to Cite
HIMMAH, Wulan Izzatul. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. HIKMATUNA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 246-261, feb. 2019. ISSN 2503-3042. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1385>. Date accessed: 21 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v4i2.1385.