Objektifikasi Nilai-nilai Psiko-Sufistik dalam Pendidikan Spiritual

  • Nurul Istiani IAIN PEKALONGAN
  • Athoillah Islamy

Abstract

Abstract: This study concludes that there is a relevance between the sufi perspective and transpersonal psychology in realizing the concept of spiritual education. The various theories that exist in both perspectives can work together synergistically in the process of forming the character of the learner's spirituality. Therefore, both the perspective approach (sufistik and psycho transpersonal) can be used as a new approach in realizing the concept of spiritual education. Keywords: Spiritual education, psychology, sufism. Abstrak: Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat relevansi antara perspektif sufistik dan psiko-transpersonal dalam mewujudkan konsep pendidikan spritual. Berbagai teori yang ada dalam kedua perspektif tersebut dapat bekerjasama secara sinergis dalam proses pembentukan karakter spritualitas peserta didik. Oleh karena itu, kedua pendekatan perspektif (sufistik dan psiko-transpersonal) tersebut dapat dijadikan pendekatan baru dalam merealisasikan konsep pendidikan spritual Kata kunci : Pendidikan spritual, psikologi, sufistik.

References

Daftar Pustaka
- Amin, Ahmad, Etika Ilmu Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
- Az Zafi, Ashif, “Pendidikan Spiritual (Analisis Pemikiran Mohammed Arkoun), “ Diinamika,Vol. II, No.2, 2017.
- Bangun, Ahmad Nasution dan Rayani Hanum Siregar, Akhlak Tasawuf Pengenalan Pemahaman dan Pengaplikasian Disertai dan Tokoh-Tokoh Sufi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
- Ginanjar, Ari, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power Sebuah Inner Journey Melalui al-Ihsan, Jakarta:Arga, 2003.
- Hadori, Mohamat “Aktualisasi Diri (Self Actualization) : Sebuah Manifestasi Punak Potensi Individu Berkepribadian Sehat (Sebuah Konsep Teori Dinamika-Holistik Abraham Maslow),”Lisan Al-Hal, Vol.7, No.2 (2015).
- Hamzah, Rohana, Kamarudzaman MD Isa, Roziah Moh Janor, Spritual Education Development Model,”Journal of Islamic and Arabic Education, Vol.2, No.2(2012).
- Khadijah,”Titik Temu Transpersonal Psychology dan Tasawuf,”Teosofi Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol.4, No.2(2014).
- Komarudin, “Pengalaman Bersua dengan Tuhan :Perspektif William James dan Al-Ghazali,” Walisongo, Vol.20, No.2(2012).
- Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Al-Huzna Zikra, 1995.
- Langko, Amir, “Metode Pendidikan Rohani dalam Agama Islam,” Jurnal Ekspose, Vol. XXIII, No. 1(2014).
- Munir, Abdul Mulkan, Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
- Mujib, Abdul “Implementasi Psiko-Spritual Dalam Pendidikan Islam,”Madani, Vol.19, N0.2 (2015).
- Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
- Rifa’i, Muhammad Subhi, “Pendekatan Sufistik dalam Pendidikan Islam,” Edukasia Islamika : Vol.1, No.1 (2016).
- Rofi’udin, “Konsep Kebahagiaan dalam Pandangan Psikologi Sufistik,” Teologia, Vol. 24, No.2, 2013.
- Ru’san, “Spiritual Quotient (SQ): The Ultimate Intelligence,” Lentera Pendidikan, Vol.16, No.1(2013).
- Zohar, Danah dan Ian Marshall, Spiritual Capital: Memberdayakan SQ di Dunia Bisnis,terj. Helmi Mustofa, Bandung: Mizan Pustaka, 2003.
Published
2018-08-12
How to Cite
ISTIANI, Nurul; ISLAMY, Athoillah. Objektifikasi Nilai-nilai Psiko-Sufistik dalam Pendidikan Spiritual. HIKMATUNA : Journal for Integrative Islamic Studies, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 234-245, aug. 2018. ISSN 2503-3042. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1409>. Date accessed: 14 july 2019. doi: https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v4i2.1409.