Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

  • Alisa Qotrunnada
  • Nur Khasanah

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami kendala yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Kendala dirasakan oleh guru, siswa dan orang tua siswa. Hal ini membuat perubahan yang cukup signifikan pada sistem pembelajaran yang digunakan. Blended learning dapat didefinisikan sebagai campuran antara model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran blended learning pada masa pandemi COVID-19 dan menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi model pembelajaran blended learning pada masa pandemi COVID-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan model pembelajaran blended learning memberikan hasil yang cukup baik karena mampu membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton sehingga banyak disukai oleh siswa. Walaupun dalam hal ini masih banyak kendala yang dilalui saat pembelajaran, guru dapat mengatasinya sedikit demi sedikit dengan baik. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran blended learning diantaranya pemerintah, guru, teknologi. Sedangkan faktor penghambat implementasi model pembelajaran blended learning diantaranya waktu, koneksi/jaringan, guru dan siswa. Dengan hasil ini, diharapkan bagi sekolah atau lembaga pendidikan lain dapat menelaah lebih lanjut mengenai konsep blended learning dan melaksanakan blended learning.

References

Agus Purwanto, d. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal : Journal of Education, Psychology and Counseling, Volume 2 Nomor 1, Hlm.3.
Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Bentri, Alwen. dkk. (2018). Model Instrument Evaluasi Blended Learning dakam Implementasi Kurikulum di Perguruan Tinggi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Book, M. (2020). What Is Coronavirus Aka Covid 19? Protect Yourself & Others! DIY Facemask, Sanitizers & How to Isolate Yourself. Master Book.
Hasudungan Siallagan, Andrew ryan. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Blended Learning Sebagai Inovasi Model Pembelajaran DiEra 21. Medan: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjan UNIMED.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.
Khusna, Maziyatul dkk. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Yogyakarta: Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas.
Meleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oktaria, S. D. dkk. (2018). Model Blended Learning Berbasis Moodle. Bogor: Halaman Moeka Publishing.
Sari, M. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blended Learning Dengan Facebook (MBL-FB): Model Pembelajaran Untuk Generasi Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Simarmata, J. dkk. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 5 Nomor 1, Hlm. 31.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2021-06-16
How to Cite
QOTRUNNADA, Alisa; KHASANAH, Nur. Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3909>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3909.
Section
Articles