Peran Kepala Madrasah dalam Membina Minat dan Daya Baca Siswa Melalui Program Literasi Semesa

  • Nur Hidayah
  • Muchamad Fauyan

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran yang sangat strategis dalam keberhasilan program di madrasah. Kepala Madrasah MI Walisongo Podo menggunakan peran manajerialnya berinisiatif mencetuskan program literasi Senin Membaca Bersama (SEMESA) yang didukung semua warga madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam membina minat baca siswa melalui program SEMESA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran kepala madrasah di MI Walisongo Podo dalam membina minat baca siswa melalui program SEMESA meliputi peran: (1) peran hubungan antar pribadi (Interpersonal), terdiri dari peran wakil/simbolis, peran pemimpin, peran penghubung; (2) peran penyambung informasi, terdiri dari peran pengawas aliran informasi, penerus informasi, juru bicara; dan (3) peran pembuat keputusan, terdiri dari peran pengusaha/pelopor, pengentas kendala, pengalokasi sumber daya, dan perundingan. Kemampuan kepala madrasah dalam berinovasi dan berkolaborasi dengan semua pihak menjadi jalan keluar dalam memaksimalkan faktor pendukung dan meminimalkan faktor penghambat.

References

Andriyani, Dwi Esti, 2008 “Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan
Asa, Yustrivat. 2019. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Yogyakarta, 28 September 2019.
Asmawan, Moh Chairul. 2018. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 28, No 1.
Dewi, Bilqisti. 2018. “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Program Unggulan Madrasah”. Jurnal Islamic Education Manajemen, Volume 3 Nomor 1, Tahun 2018, 77-88.
Hanifah, Ummu. 2018. “Peran Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Program Literasi di MI Negeri Kota Semarang dan MI Darul Ulum Wates, Ngaliyan, Semarang”. Tesis. Semarang: UIN Walisongo Semarang.
Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kalida, Muhsin dan Moh. Mursyid, 2014. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri, Cet 1. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mahendrartha, dkk. 2020. “Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Perlu Dukungan Kepala Sekolah” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 10 Januari 2020 Seminar Nasional Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang.
Poerwadarminta, J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Praswoto, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Priansa, Juni Donni. 2017. Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Bandung: CV Pustaka Setia.
Romiana, Diah. “Wawancara Pribadi”. Wawancara dengan Kepala Sekolah , 25 Juni 2019.
Thoha, Miftah. 2009. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuningrum, MM. 2008. “ Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Sekolah (Suatu Kajian Manajerial)”, Jurnal Manajemen Pendidikan, Nomor. 02, 2008.
Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Volume 1 Nomor 1, halaman 326-327.
Widyawati, Desi. 2017. “Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo”. Inspirasi Manajemen Pendidikan. Volume 5 nomor 1.
Wierdati, Pangesti dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2021-06-17
How to Cite
HIDAYAH, Nur; FAUYAN, Muchamad. Peran Kepala Madrasah dalam Membina Minat dan Daya Baca Siswa Melalui Program Literasi Semesa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-36, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3913>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3913.
Section
Articles