Gerakan Literasi Sekolah: Upaya Meningkatkan Literasi Dasar Siswa

  • Muhammad Ikhwanun
  • Hafizah Ghany Hayudinna

Abstract

Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menumbuhkan budaya literasi adalah melalui peluncuran Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang kemudian terbagi menjadi gerakan literasi sekolah, keluarga, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi sekolah di MIS Karanganyar 02 Tirto Kabupaten Pekalongan beserta dengan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program yang dimiliki MIS Karanganyar 02 Tirto dalam mengimplementasikan gerakan literasi sekolah adalah pengadaan perpustakaan dan buku bacaan, kegiatan membaca sebelum jam pelajaran dimulai, menulis hasil bacaan, kunjungan perpustakaan dan pojok baca. Faktor yang mendukung implementasi program adalah kesadaran warga sekolah terhadap budaya literasi, ketersediaan perpustakaan dan pojok baca, partisipasi aktif warga sekolah dan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya fasilitas pelengkap di perpustakaan, kejenuhan siswa terhadap membaca karena koleksi buku terbatas, kurangnya dukungan dari pemangku kebijakan tingkat atas serta adanya pandemik covid-19.

References

Endah Loeloek, dkk. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Fakar, Partimah S. 2018. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Skripsi: IAIN Curup.
Hendrawan, Budi. Dkk. 2017. Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2a Desember 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122). Tasikmalaya: ELSE.
https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/23/07015701/literasi-baca-indonesia-rendah-akses-baca-diduga-jadi-penyebab., diakses pada hari Senin, 1 September 2020 Pukul 19.35 wib.
Hutahayan, John Fresly. 2019. Faktor Pengaruh Kebijakan Keterbukaan Informasi dan Kinerja Pelayanan Publik. Sleman: Deepublish.
Ibda, Hamidulloh. Ahmadi, Farid. 2018. Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Malawi, Abdullah. 2017. Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan: CV. Ae Media Grafika.
Mursyid. 2017. Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, Pustaka Nun dan Azyn Publishing.
Nugroho, Alfian Handina. 2016. Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumber. Jurnal Edueksos Volume V No 2.
Oktaria, Renti. Putra, Purwanto. Urgensi Pengenalan Perpustakaan untuk Mendukung Praktik Literasi Dasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD. Vol. 3, No.2, Juli 2020, Hal: 72-80
Rahayu, Agustina Ratih. dkk. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penumbuhan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21.
Setiawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: Intelegensia Media.
Setiawan, Andika Aldi. Sudigdo, Anang. Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar
Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019
USAID. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiah: Buku Sumber untuk Dosen LPT. Jakarta: USAID.
Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentukkan Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan SupervisiPendidikan.
Wirawan, Noven Handani. 2018. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus.
Y, Abidin. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Yunianika, Ika Tri. Suratinah. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 4 Tahun 2019, pp. 497-503. P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174.
Published
2021-06-18
How to Cite
IKHWANUN, Muhammad; HAYUDINNA, Hafizah Ghany. Gerakan Literasi Sekolah: Upaya Meningkatkan Literasi Dasar Siswa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 87-97, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3919>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3919.
Section
Articles