Kebijakan Inovatif Kepala Sekolah Efektif dalam Pengembangan Mutu SDM Di MIN 1 Yogyakarta

  • Farah Alfian Ghofar Rahmat
  • Nazilatul Mifroh MI 01 Banyurip
  • Aan Fadia Annur

Abstract

Seseorang yang dipercaya menjadi kepada sekolah harus memenuhi kriteria-kriteria yang disyaratkan. Standar Kepala Sekolah/Madrasah yaitu kompetensi kepala sekolah meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Salah satu kepala sekolah yang memiliki kebijakan inovatif adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Yogyakarta. Kebijakan inovatif kepala MIN 1 Yogyakarta terbukti efektif dalam meningkatkan mutu SDM di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan inovatif kepala MIN 1 Yogyakarta dalam meningkatkan mutu SDM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kepala sekolah MIN 1 Yogyakarta sangat gesit dan disiplin untuk memajukan sekolah agar lebih unggul dan lebih banyak siswa yang berprestasi, mencari sedetail mungkin masalah-masalah yang sekiranya mengganjal dan teliti aggar hal yang buruk tidak menganggu jalannya kemajuan sekolah tersebut.

References

Annur, A. F. (2020). Pengaruh Motivasi dan Religiusitas terhadap Komitmen Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Madaniyah, 10(1), 59-72.
Fattah, Nanang. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indonesia, T. R. K. B. (2008). Kamus Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 725.
Karwati, Euis, dan Priansa, Donni Juni. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta.
Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. (2006). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.
Makawimbang. (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: Alfabeta.
Maya. (2012). Kesalahan-Kesalahan umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidiakn, Yogyakarta: Kuku Biru.
Mohajeran, Behnaz dan Ghaleei, Alireza. (2012). Principal Role and School Structure, International Journal of Human and Social Sciences: Vol. 3 No.1.
Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah; dalam Mengembangkan Budaya dan Mutu, Malang: UIN Maliki Press.
Mulyasa E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional; dalam menyukseskan MBS dan KBK Bandung: Rosdakarya.
Praswoto, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspetik Rancangan Peneltian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto, Ngalim. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Stronge, James H., Richard, holly B, dan Catano, Nancy. (2013). Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif, Jakarta: Permata Puri Media.
Uno, Hamza B. dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan; Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik, Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Wirawan. 2014. Kepemimpinan; Teori, Pesikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wuradji. (2009). The Edcation Leadership; Kepemimpinan Transformasional, Yogyakarta: Gema Media.
Published
2021-06-18
How to Cite
RAHMAT, Farah Alfian Ghofar; MIFROH, Nazilatul; ANNUR, Aan Fadia. Kebijakan Inovatif Kepala Sekolah Efektif dalam Pengembangan Mutu SDM Di MIN 1 Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 61-74, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3920>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3920.
Section
Articles