Penggunaan Chromebook Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Boyolali

  • Toni Setiawan
  • Fatmawati Nur Hasanah
  • Fajar Wahab Nasrudin

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan karena aktivitas dalam pembelajaran yang masih rendah. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar adalah dengan penggunaan chromebook dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui dan membuktikan penggunaan chromebook bermuatan game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. 2) Untuk mengetahui dan membuktikan penggunaan chromebook bermuatan game edukasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK), dengan subyek 21 siswa kelas III SD N 1 Tarubatang Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika meningkat yakni dari Pra Siklus 28,57%, meningkat pada Siklus I yakni 57,14%, kemudian meningkat lagi pada Siklus II yakni 80,95%. 2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika meningkat yakni dari Pra Siklus 38%, meningkat pada Siklus I yakni 71%, kemudian meningkat lagi pada Siklus II yakni 90%. 3) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dinyatakan berhasil pada Siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan: (a) indikator keberhasilan hasil belajar siswa adalah mendapat nilai ≥ 70 rata-rata kelas adalah 75% tercapai pada siklus II dengan hasil 81%>75%; (b) indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa adalah jumlah siswa aktif ≥ 80% tercapai pada siklus II dengan hasil 90% > 80%.

References

Andri, Zagir, Z., & Jiran Dores, O. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(2), 414–426.
Hasanah, F. N., & Setiawan, T. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada perguruan tinggi keagamaan islam negeri (studi di IAIN Pekalongan). Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(01), 12–23.
Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Tori dan Praktik. 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Republik Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, K. C. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(3), 1–8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/2226/1640
Wahyuningsih, S. (2020). Pemanfaatan Chromebook Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dan Dalam Jaringan (Daring). Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen KEMDIKBUD RI.
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru. 4, 41–50.
Widyastuti, Esy, and S. A. W. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881.
Published
2021-06-18
How to Cite
SETIAWAN, Toni; NUR HASANAH, Fatmawati; NASRUDIN, Fajar Wahab. Penggunaan Chromebook Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Boyolali. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 75-86, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3921>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3921.
Section
Articles