Studi Perbandingan Metode Resitasi Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Ajeng Ardhia Pramesti
  • Juwita Rini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode resitasi berbasis daring dapat memberikan hasil belajar matematika siswa yang lebih baik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Proyonanggan 01 Batang yang berjumlah 47 siswa. Sampel terbagi dalam dua kelas, kelas kontrol yaitu kelas yang tidak menggunakan metode resitasi berbasis daring dan kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan metode resitasi berbasis daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang bersifat dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t sampel independet. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode resitasi berbasis daring memberikan efek yang lebih baik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Proyonanggan 01 Batang. Hal ini dilihat dari hasil uji t sampel independent diperoleh bahwa thitung = 3,182 > ttabel = 2,014. Hasil tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen serta nilai rata-rata posttes kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pada kelas kontrol.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Hanafi, Halid. Dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: DEEPUBLISH.
Kamsinah. 2008. "Metode Dalan Proses Pembelajaran”. Jurnal lentera Pendidikan, Vol. 11 No. 1.
Mastuti, Rini. dkk. 2020. Teaching From Home dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar. Yayasan Kita Menulis.
Sari, Ratih Purnama. dkk. “Pengembangan Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan You Tube”. Jurnal Pendidikan Dasar, P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801.
Sari, Yeni Atikah. 2015. “Pengaruh Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PAI terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Darussalam Ciputat”. Skripsi Sarjana Pendidikan, Jakarta: UIN Hidayatullah Jakarta.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sholihah, Dyahsin Alin. dkk. 2015. “Keefektifan Eksperiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 2.
Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman: DEEPUBLISH.
Solikhatun. 2016. Metode Pendidikan Islam menurut An-Nahlawai. Pekalongan: CV. Duta Media Utama
Soponyono, Andreas Eko. dkk. “Perbandingan Penerapan Metode Drill dan Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI IPA di SMA ABC Cikarang”. Journal of Holistic Mathematics Education, Vol. 1 No. 2.
Sudarsana, Ketut. dkk. 2020. Covid – 19 Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sutopo, Edi. dkk, Selaksa Rasa KBM Online. Banyumas: Omera Pustaka.
Tambak, Syahraini. 2016. “Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Al-Hikmah, Vol. 13 No. 1.
Zaenal Mustakim. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Published
2021-06-18
How to Cite
PRAMESTI, Ajeng Ardhia; RINI, Juwita. Studi Perbandingan Metode Resitasi Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15-24, june 2021. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/view/3926>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3926.
Section
Articles