Author Guidelines

Artikel yang dikirim ke Jurnal Indonesian Journal of Islamic Elementary Education adalah artikel yang berasal hasil penelitian terkini dan kajian pustaka di bidang pendidikan dasar dan pendidikan islam baik dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian dapat berasal dari jenjang pendidikan dasar, baik jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal. 

Isi artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Bahasa dan tata tulis akan menjadi salah satu kriteria penilaian artikel yang diterima. Penulis disarankan untuk memeriksa naskah dengan cermat dan jika perlu dapat menggunakan jasa proofreader. Penulis diwajibkan untuk menghindari plagiasi karya orang lain kecuali dengan cara-cara yang dibenarkan.

Secara umum, ketentuan naskah artikel adalah sebagai berikut:

  1. Badan artikel berjumlah antara 30005.000 kata (sekitar 13-15 halaman) termasuk didalamnya judul, abstrak, dan daftar pustaka.
  2. Abstrak dituliskan dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris.
  3. Pengetikan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word dengan spasi antarbaris 1,5
  4. Jenis huruf Calisto MT ukuran 11pt
  5. Penulisan artikel dalam satu kolom untuk memudahkan proses telaah
  6. Artikel dikirimkan dalam format .doc, .docx, atau .rtf (tidak dalam format pdf).
  7. Nomor halaman tidak perlu dituliskan.
  8. Badan artikel terdiri atas empat bagian utama, yaitu pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, serta simpulan.
  9. Penulisan kutipan mengikuti APA- Cara penulisan rujukan dalam badan artikel adalah sebagai berikut (1) satu penulis: contoh (Sopiah, 2019); (2) dua penulis: contoh (Sopiah & Khasanah, 2016); (3) tiga sampai lima penulis, pada penyebutan pertama kali ditulis semua: contoh (Marzano, Robert & Kendall, 2007). dan penyebutan berikutnya ditulis (Marzano et al., 2007); (4) Penulisan rujukan juga dapat ditulis dengan nama di luar tanda kurung, misalnya Sopiah & Khasanah (2016); (5) jika pernyataan yang dirujuk berupa kutipan langsung halaman sumber perlu disertakan: contoh (Sopiah & Khasanah, 2016:85) atau jika mengambil substansi dari beberapa halaman: contoh (Sopiah & Khasanah, 2016:85-90).
  10. Perujukan disarankan tidak dalam bentuk kutipan langsung atau tidak memuat terlalu banyak kutipan langsung. Jika ada kutipan langsung yang jumlahnya kurang dari 40 kata, maka harus ditulis dalam paragraf dan diberi tanda kutip (“...”). Jika kutipan langsung berisi 40 kata atau lebih, maka ditulis terpisah dari paragraf, menjorok 1 cm dari tepi paragraf, tanpa diberi tanda kutip, kemudian diikuti nama penulis, tahun, halaman dalam tanda kurung (nama, tahun:halaman). 
  11. Penulis wajib menyertakan bukti pemeriksaan tingkat kesamaan (cek plagiasi) naskah artikel menggunakan perangkat lunak plagiarism dengan presentase maksimal 25%.