Fase-Fase Bulan (Kajian Akurasi Perhitungan Data New Moon dan Full Moon dengan Algoritma Jean Meeus untuk Bulan Kamariah)

  • li'izza diana manzil mahasiswa

Abstract

Pada umumnya Bulan memiliki empat fase utama, yaitu Bulan Baru (New Moon), Seperempat Pertama (First Quarter), Bulan Purnama (Full Moon), dan Seperempat terakhir (Last Quarter). Berbeda dengan dua fase bulan lainnya, fase New Moon dan Full Moon yang paling sering digunakan dalam kajian bulan Kamariah karena masih berkaitan dengan ibadah umat Islam seperti Salat, Puasa, Ibadah Haji, dan lainnya. Banyak versi metode yang digunakan untuk perhitungan New Moon dan Full Moon mulai dari taqribi, haqiqi, dan kontemporer. Salah satunya menggunakan perhitungan algoritma Jean Meeus. Perhitungan data algoritma Jean Meeus ini untuk mencari Julian Day (JD) kapan New Moon dan Full Moon terjadi pada bulan Kamariah. Data algoritma Jean Meeus diambil untuk bulan Ramadan 1430 H. Hasil perhitungannya kemudian akan dibandingkan dengan metode ephemeris dan aplikasi mawaqit untuk mengetahui tingkat keakurasiannya. Dari hasilnya menunjukkan bahwa perbedaannya tidak terlalu signifikan sehingga bisa digunakan sebagai hisab awal bulan Kamariah.
Published
2018-07-30
How to Cite
MANZIL, li'izza diana. Fase-Fase Bulan (Kajian Akurasi Perhitungan Data New Moon dan Full Moon dengan Algoritma Jean Meeus untuk Bulan Kamariah). JURNAL HUKUM ISLAM, [S.l.], p. 31-43, july 2018. ISSN 2502-7719. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/1275>. Date accessed: 18 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.28918/jhi.v16i1.1275.
Section
Artikel