Critical Discourse The Epistemology of Muhammad Syahrur's Ijtihad

  • Asep Suraya Maulana

Abstract

 
Penawaran Syahrur terhadap sikap skriptualis-literalis dan modernis-sekularis dari masyarakat Islam saat ini adalah  kembali kepada Inzal (al-Qur’an), teks asli dari wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi. Kajian  ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk menganalisis  epistemologi ijtihad Syahrur.  Hasil kajian menunjukkan bahwa,  pemikrian Syahrur mengenai epistimologi  bersumber dari alam materi yang berada di luar eksistensi manusia. Syahrur dalam menafsirkan ayat-ayat ahkam, masih sepakat untuk menjaga kemurnian ajaran al-Qur’an yang shalah likulli zaman wa makan. Menurut Syahrur, tumpuan kebenaran berdasarkan tiga pilar, yaitu: wahyu, akal, dan realitas. Perpaduan antara wahyu, akal dan indera akan mengahasilkan pengetahuan hukum Islam yang baru dan modern. Penawaran Syahrur, tentang teori historisitas ilmiah, hermeneutika lingustik dan dialektika Marxis, menunjukkan upaya mendekonstruksi ilmu pengetahuan yang sudah paten dalam penerapan hukum Islam. Perbedaan konsep ijtihad ushul fiqh klasik dengan konsep ijtihad Syahrur, antara lain: 1) menempatkan ijtihad pada posisi vital bagi hukum Islam modern; 2). konsep ijtihad Syahrur hanya pada tahapan menghalalkan atau mengharamkan sesuatu, karena merupakan hak prerogratif Allah; 3). konsep ijtihad Syahrur mengharuskan prestasi ilmiah dan sistem pengetahuan modern; 4). konsep ijtihad Syahrur membolehkan ijtihad terhadap seluruh teks hukum, walaupun oleh para ulama dipandang qath’i; dan 5). konsep ijtihad Syahru dapat dilakukan secara individual.

References

Abdullah, M. A. (1998). Preliminary Remarks on The Philosophy of Islamic Religious Science. al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 6(1), 1-26.
Abdullah, M. A. (2002). “Paradigma Alternatif Pengembangan Usul Fiqh dan Dampaknya pada Fiqh Kontemporer” dalam Dawam, A. "Mazhab" Jogja, Menggagas Paradigma Usul Fiqh Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Alatas, I. F. (2006). Risalah Konsep Ilmu Dalam Islam, Sebuah Tinjauan Ihsani. Jakarta: Diwan.
Al-Munjid, M. (t.t.). Munaqisyat al-Isykaliyyah al-Manhajiyyah fi al-Kitab wa al-Qur'an: Dirasah Naqdiyyah, Jurnal 'Alam al-Fikr.
Ansary, A. F. (2009). Reformer l’Islam: Une Introduction Aux Debats Contemporains, (Terj. Machasin), Pembaruan Islam; dari Mana Hendak ke Mana?. Bandung: Mizan & Jakarta: Forum Jakarta-Paris.
Aulassyahied, Q. (2015). Studi Kritis Konsep Sunnah Muhammad Syahrur. Jurnal Kalimah, 13(1), 125-156.
Bagus, L. (2000). Kamus Filsafat, .Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Christmann, A. (2008). "Bentuk Teks (Wahyu) Tetap, Tetapi Kandungannya (Selalu) Berubah: Tekstualitas dan Penafsirannya dalam al-Kitab wa al-Qur'an karya Muhammad Syahrur" dalam Syamsuddin, S. Metodologi Fiqih Islam Kontemporer, Yogyakarta: eLSAQ.
Darnela, L. (2008). Menggali Teks, Meninggalkan Makna: Pemikiran Singkat Muhammad Syahrur tentang Poligami. Asy-Syir’ah, Jurnal Ilmu Syari’ah, 42(1), 205-224.
Eickelmann, D. F. (1993). Islamic Liberalism Strikes Back. Middle East Studies Association Bulletin, 27(2), 163-168.
Eickelmann, D. F. (1998). Inside the Islamic Reformation. The Wilson Quarterly, 22(1), 89-90.
Eriyanto. (2011). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Fanani, M. (1999). Satu Lagi Ide Pembaharuan Hukum Islam: Telaah Kritis atas Metodologi An-Ni’am. Jurnal Mukaddimah, 7(V).
Fanani, M. (2009). Fiqh Madani, Kontruksi Hukum Islam di Dunia Modern. Yogyakarta: LKiS.
Grice, H. P. (1989). Studies in the Way of Words. Cambridge Mass: Harvard University Press.
Hallaq, W. B. (2000). A History of Islamic Legal Theories, (Terj. Kusnadiningrat, E. & Haris, A.), Sejarah Teori Hukum Islam Pengantar untuk Usul Fiqh Mazhab Sunni. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hanafi, H. (2000). Oksidentalisme, Sikap Kita Terhadap Barat. (Terj. Buchori, M. N.). Jakarta: Paramadina.
Hikam, M. A. S. (1989). “Bahasa dan Politik: Penghampiran Discursive Practice”, dalam Yudi Latif, Y. & Ibrahim, I. S., Bahasa dan Kekuasaan: Politik Wacana di Panggung Orde Baru. Bandung: Mizan.
Junaedi, M. (2016). Fiqih Indonesia: Tinjuan Kritis Epistemologi. Syariati, 2(1), 47-70.
Lubis, A. (1994). Masih Adakah Tempat Berpijak Bagi Ilmuwan. Bogor: Akademia.
Malik, A. (2017). Tafsir Alqur’an Paradigma Integratif: Studi Atas Qira’ah Althaniyah Muhammad Syahrur. Al-A'raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 14(1), 117-142.
Martanti, B. H. (2019). Metodologi Pembaharuan Pemikiran Islam Kontemporer Studi Komparatif Metodologi Muhammad Syahrur dan Nashr Hamid Abu Zaid. el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 10(2), 87-105.
Masduki, M. (2008). Usaha Pembaruan Ushul Fiqh Muhammad Syahrur. Al Qalam, 25(1), 127-149.
Mujahidin, A. (2013). Epistemologi Islam: Kedudukan Wahyu Sebagai Sumber Ilmu. Ulumuna, 17(1), 41-64.
Munfarida, E. (2014). Analisis Wacana Kritis dalam Perspektif Norman Fairclough. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 1-19.
Mustaqim, A. (2003). “Mempertimbangkan Metodologi Taffsir Muhammad Syahrur”, dalam Syamsuddin, S. dkk, Hermeneutika Al-Qur'an Mazhab Yogya. Yogyakarta: Islamika.
Mustafid, F. (2018), Pembaruan Pemikiran Hukum Islam: Studi tentang Teori Hudud Muhammad Syahrur. Al-Mazahib: Jurnal Pemikiran Hukum, 5(2), 305-320.
Nunan, D. (2000). Introducing; Chris Barker, Cultural Studies: Theory and Practice, London: Sage.
Rosidi, S. (2001). Violince Discourse of Diskursive Violence? Toward a Reciprocal Model of Relationship between Language and Violince. Poetica Journal of Language and Literature, I(I).
Shah, M. A. A. (2001). Islam Garda Depan, Mosaik Pemikiran Islam Timur Tengah. Bandung: Mizan.
Sholahuddin, F.R. (2018). Konsep Islam dan Iman Muhammad Syahrur (Studi Kritis). Tasfiyah, 2(2), 211-244.
Suriasumantri, J. S. (2001). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Syahrur, M. (1994). Dirasah Islamiyyah Mua’shirah fi al-Dawlah wa al-Mujtama’. Damaskus: al-Ahali wa al-Thiba’ah li al-Nasyr.
Syahrur, M. (2000). Dirasat Islamiyyah Mu‘asirah, Nahw Usul Jadidah li al-Fiqh al-Islami. Damaskus: al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyir wa al-Tauzi’.
Syahrur, M. (2003). "Teks Ketuhanan dan Pluralisme dalam Masyarakat Muslim" (Terj. Husein, M. Z.). dalam Syamsuddin, S. dkk, Hermeneutika Al-Qur'an Mazhab Yogya. Yogyakarta: Islamika.
Syahrur, M. (2010). Nahw Usul Jadidiah li al-Fiqh al-Islami, (Terj. Syamsuddin S. & Burhanuddin), Metodologi Fiqh Islam Kontemporer. Yogyakarta: Elsaq Press.
Syamsuddin, S. (2006). Book Review: Beberapa Tema Reformasi dalam Islam. Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies, 44(2), 489-495.
Syamsuddin, S. (1998), Konsep Wahyu al-Qur'an dalam Perspektif M. Syahrur. Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-Qur'an dan Hadis, 1(1).
Taryadi, A. (1991). Epistemologi Pemecahan Masalah: Menurut Karl R. Popper. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ulfiati, N. S. (2018). Pemikiran Muhammad Syahrur (Pembacaan Syahrur Terhadap Teks-Teks Keagamaan). El Tijarie, 5(1), 57-70.
Umardani, A. (2011), Kritik Atas Pemikiran Muhammad Syahrur tentang Pengaruh Tirani. Tesis, Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Umardani, A. (2019), Pengaruh Tirani Terhadap Pemikiran Islam (Studi Analisis Pemikiran Muhammad Syahrur). Jurnal Hukum Islam, 17(1), 40-59.
Yule, G. B. G. (1989). Discourse Analisis. Cambridge: Cambridge University Press.
Published
2020-06-06
How to Cite
MAULANA, Asep Suraya. Critical Discourse The Epistemology of Muhammad Syahrur's Ijtihad. JURNAL HUKUM ISLAM, [S.l.], p. 137-156, june 2020. ISSN 2502-7719. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/2668>. Date accessed: 15 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jhi.v18i1.2668.
Section
Artikel