Legal Analysis of Halal Product Guarantee for Development of Small and Medium Enterprises (SMEs) Business in Indonesia

  • Ridwan Arifin

Abstract

 
Penelitian ini untuk menganalisis jaminan produk halal untuk pengembangan UKM di Indonesia. Penelitian yuridis normatif ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Sumber data diperoleh dari bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jaminan produk halal untuk UKM sangat penting karena dengan sertifikasi halal, maka suatu produk telah mendapatkan legalitas dan perlindungan hukum. Pentingnya jaminan produk halal untuk UKM di Indonesia, yaitu: penduduk Indonesia didominasi oleh Muslim; adanya kesadaran masyarakat Muslim Indonesia dalam mengkonsumsi produk halal; Indonesia memiliki banyak UKM; konsumen non-Muslim menganggap bahwa setiap produk halal berkualitas tinggi, aman dan higienis; dan peran norma agama dalam penerapan jaminan produk halal. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal,  mewajibkan UKM untuk memiliki sertifikasi halal sehingga BPJPH  diberi wewenang oleh undang-undang untuk melakukan sosialisasi dan bantuan sertifikasi halal. Namun, hal tersebut mengalami masalah, yaitu:  persyaratan yang rumit; fasilitas terbatas, kurangnya informasi tentang prosedur  pendaftaran label halal dan; biaya tinggi untuk proses sertifikasi halal. Oleh karena itu, pemerintah harus membantu dan memfasilitasi UKM untuk mendapatkan sertifikat halal, sehingga ada kepastian hukum dalam upaya pengembangan  usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustafa‘Afifi, A. H., Mahyeddin, M. M., Wati, M. K., Asming, Y., Najib, S. O. S. M., Asmidah, A., ... & Ariff, M. M. I. (2013). Consumer Protection of Halal Products in Malaysia. Middle-East Journal of Scientific Research, 13, 22-28.

Afroniyati, L. (2014). Analisis Ekonomi Politik Sertifikasi Halal oleh Majelis Ulama Indonesia. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 18(1), 37-52.

Agus, P. A. (2017). Kedudukan Sertifikasi Halal dalam Sistem Hukum Nasional sebagai Upaya Perlindungan Konsumen dalam Hukum Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 149-165.

Al-Fanjari, A.S. (1996). Nilai Kesehatan dalam Syari’at Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminuddin, M. Z. (2016). Sertifikasi Produk Halal: Studi Perbandingan Indonesia dan Thailand. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 1(1), 27-39.

Asri, A. (2016). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen terhadap Produk Pangan yang Tidak Bersertifikat Halal. Jurnal IUS: Kajian Hukum dan Keadilan, 4(2), 1-21.

Aziz, M. (2017). Perspektif Maqashid Al-Syariah dalam Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal di Indonesia Pasca Berlakunya Undang-undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 78-94.

Aziz, M., & Noer, F. M. (2017). Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Pasca Berlakunya UU‎ No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Sebagai‎ Upaya Perlindungan Terhadap Konsumen di Indonesia. FSH UNSIQ PROCEEDING SERIES: On Islamic Studies, Sharia and Law, 1(01), 1-22.

Charity, M. L. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia (Halal Products Guarantee in Indonesia). Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 99-107.

Fathimah, E., & Zailia, S. (2017). Jaminan Produk Halal Bagi Perlindungan Konsumen Telaah Ruujph (Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal) dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Jurnal Muamalah, 3(1), 73-86.

Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68-113.

Fischer, J. (2016). Markets, Religion, Regulation: Kosher, Halal and Hindu Vegetarianism in Global. Geoforum, 69(1), 67-70.

Hanzee, K.H. (2011). Intention to Halal Products in The World Markets. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1(5), 1-7.

Haryanti, T. (2016). Peningkatan Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Terhadap Sertifikasi Halal dalam Menjamin Hak Konsumen Muslim (Studi Kasus Pelaku Usaha Rumah Makan di Batu Merah Kota Ambon). Tahkim, 12(1), 73-88.

Hasan, KN.S. (2015). Formulasi Hukum dan Pentingnya Jaminan Kepastian Hukum Produk Pangan Halal dalam Hukum Nasional. NURANI: Jurnal Kajian Syari'ah dan Masyarakat, 15(2), 47-74.

Kusumastuti, R. D., & Rachmawati, R. (2017). Motives and Challenges of Small Businesses for Halal Certification: The Case of Indonesia. World Journal of Social Sciences, 7(1), 136-146.

Konoras, A. (2016). Jaminan Produk Halal di Indonesia Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Yogjakarta: Rajawali

Kristianti, M. & Rahmasari, L, (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Analisis Manajmen, 13(2), 186-196.

Maryati, T., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2016). Analisis Faktor Kendala dalam PengajuanSertifikat Halal.(Studi Kasus: Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Beku diJabodetabek). Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(3), 364-371.

Mashudi, M. (2017). Membumikan Hukum Islam Progresif: Respons Konsumen Muslim terhadap Undang-Undang Jaminan Produk Halal. International Jurnal Ihya’ Ulum al-Din, 19(1), 47-72.

Maulida, R. (2013). Urgensi Regulasi Edukasi Produk Halal Bagi Konsumen. Justicia Islamica, 10(2), 359-390.

Mohayidin, M.G. (2014). Consumers’ Preferences Toward Attributes of Manufactured Halal Food Products. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 26(2), 125-139.

Nakyinsige, K. (2012). Halal Authenticity Issues in Meat and Meat Products. Meat Science, 91(3), 207-214.

Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal pada Produk Pangan di Kota Bengkulu. Qiyas: Jurnal Hukum Islam dan Peradilan, 3(2), 154-165.

Nooh, M. N., Nawai, N., Dali, N. R. S. M., & Mohammad, H. (2007, December). Halal Certification: What the SME Producers Should Know. In Proceedings of the 1st Entreprenuership & Management International Conference.

Paju, P. (2016) Jaminan Sertifikat Produk Halal Sebagai Salah Satu Perlindungan Terhadap Konsumen Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Lex Crimen, 5(5), 109-117.

Prabowo, S., Abd Rahman, A., Ab Rahman, S., & Samah, A. A. (2015). Revealing factors hindering halal certification in East Kalimantan Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 6(2), 268-291.

Rasyid, T.H. (2010). Raising the Awareness of Halal Products Among Indonesian Consumers: Issues and Strategies. Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE), 1(1), 19-38.

Rasyid, A. (2019). Dinamika Pelaksanaan Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Di Kota Medan, Sibolga dan Padangsidimpuan. Miqot, 43(2), 167-201.

Reuters. T (2016). State of the Global Islamic Economic Report 2016/2017.

Salehudin, I. (2011). Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention Based on Ajzen’s Planned Behavior Theory: Policy Capturing Studies on Five Different Product Categorie. ASEAN Marketing Journal, 3(1).

Sari, Y. R., Manullang, N., Anas, T., Narjoko, D. A., Simangunsong, A. A., Purwanti, W., ... & Paramitha, F. (2015). Pemetaan dan Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi MEA 2015 dan Pasca MEA 2025. Jakarta: Bank Indonesia.

Sayekti, N.W. (2014). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Kelembagaan. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 5(2), 155-178.

Shahdan, I.A. (2017). Critical Limits for The Control Points for Halal Poultry Slaughter. Poultry Science, 96(6), 1970-1981.

Sholeh, A.N. (2015). Halal Jadi Tren Global, GATRA (July 29).

Soesilowati, E.S. (2011). Business Opportunities for Halal Products in the Global Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal and Food Consumption. Journal of Indonesian Social Science and Humanities, 3(1), 151-160.

Spiegel, M.V.D. (2012). Halal Assurance in Food Supply Chains: Verification of Halal Certificates Using Audits and Laboratory Analysis. Trends in Food Science & Technology, 27(2), 109-119.

Suketi, F. (2014). The Influence Halal Label and Personal Religiousity on Purchase Decision on Food Products in Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 4(1), 150-153.

Syafrida, S. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal Hukum, 7(2), 159-174.

Triyanto, W.A. (2017). Sertifikasi Jaminan Produk Halal Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 (Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen). Lex Administratum, 5(1), 148-155.

Widodo, T. (2013). The Influence of Muslim Consumers Perception Toward Halal Food Product on Attitude and Purchase Intention at Retail Stores. Inovbiz, 1(1), 1-18.

Waharini, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 1-13.

Regulations:
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
Published
2020-06-06
How to Cite
ARIFIN, Ridwan. Legal Analysis of Halal Product Guarantee for Development of Small and Medium Enterprises (SMEs) Business in Indonesia. JURNAL HUKUM ISLAM, [S.l.], p. 121-136, june 2020. ISSN 2502-7719. Available at: <http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/2693>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.28918/jhi.v18i1.2693.
Section
Artikel