PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE

  • Lilif Muallifatul Khorida Filasofa
  • Assakinah Assakinah
Keywords: Meningkatkan kemampuan bahasa, pendekatan whole language

Abstract

Abstrak Riset ini bertujuan untuk memahami dan meraih gambaran mengenai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa awal melalui pendekatan whole language serta untuk mengetahui kendala-kendala dalam meningkatkan Kemampuan Berbahasa Awal Melalui Pendekatan Whole Language. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak didik kelompok A TK di Semarang, yang terdiri dari 16 anak. Teknik analisis yang di terapkan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan kemampuan berbahasa yang dicapai peserta didik kelompok A di TK di Semarang lebih meningkat dibandingkan sebelumnya dimana perkembangan awal bahasa anak hanya mencapai 43,75% (BB) namun, setelah dilakukan praktik penelitian tindakan kelas melalui pendekatan whole language, pada siklus pertama mengalami kenaikan menjadi 56,77% (MB), maka untuk itu dilakukan penelitian lanjutan ke siklus kedua dengan total presentase 74,79% (BSH) dan hasil siklus ketiga mencapai 87,5% (BSB), dimana hasil tersebut telah memenuhi target.   Kata Kunci: Meningkatkan kemampuan bahasa, pendekatan whole language

Downloads

Download data is not yet available.

References

Di, Berprestasi, Kelas Iv, S. D. Gugus, and I. Kuta Utara. 2017. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha ISSN 1858 – 4543.” 1:252–63.
Dixon, Joan. 1996. Whole Language : An Integrated Approach to Reading and Writing A Guide for Literacy Practitioners.
Einon, Dorothy. 2005. Permainan Cerdas Untuk Anak Usia 2 – 6 Tahun. Jakarta: Erlangga.
Erlina, Dian, Ilza Mayuni, and Sabarti Akhadiah. 2016. “Whole Language-Based English Reading Materials.” International Journal of Applied Linguistics and English Literature 5(3):46–56.
hidayah, nurul. 2014. “Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 1(9):2355–1925.
Kemampuan, Peningkatan, Membaca Permulaan, Melalui Pendekatan, Whole Language, Improving The, Ability Of, Reading Beginning, Through Whole, Language Approach, Whole Language, Whole Language, Whole Language, Whole Language, Whole Language, and Universitas Muhammadiyah. 1989. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan.” 1–13.
Lubis, Hilda Zahra and M. Pd. 2018. “Jurnal Raudhah.” 06(02).
Madyawati, Lilis. 2016. Straregi Penembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Grup.
Meha, Nehru and Fathu Roshonah. n.d. “IMPLEMENTASI WHOLE LANGUAGE APPROACH SEBAGAI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBAHASA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NON FORMAL.”
Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogjakarta: Gava Media.
Mursid. 2018. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurbiana Dhieni. 2019. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pendidikan, Jurnal and Usia Dini. n.d. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE Pengajaran Bahasa Indonesia Kenyataan Hendaknya Disajikan Secara Holistik SD-SD Dan Hanya Beberapa Siswa Yang.” 165–80.
Teaching, English Language. 2014. “Learning to Read with the Whole Language Approach : The Teacher ’ s View.” 7(5):71–77.
Wardni, IG. A. K. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Published
2021-12-20
Abstract viewed = 29 times
PDF downloaded = 71 times