PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DENGAN KERANJANG LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PEKALONGAN

  • Sari Yuliastuti
Keywords: Kemampuan keaksaraan awal, metode bermain dan keranjang literasi.

Abstract

Kemampuan  anak  kelompok B1 TK Negeri Pembina Kota Pekalongan dalam hal pengembangan kemampuan keaksaraan awal dalam mendukung gerakan literasi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengenalkan  keaksaraan awal pada  anak menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi. (2) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi. (3) Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku setelah mendapatkan pembelajaran keaksaraan awal  menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi. Proses pembelajaran keaksaraan awal  menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi pada Siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan ke arah positif. Aspek intensifnya proses internalisasi melakukan kegiatan keaksaraan awal pada Siklus I sebanyak 8 anak  yang memperhatikan atau sebesar 53,33% . Sedangkan pada Siklus II terdapat 12 anak  yang memperhatikan atau sebesar 80% dan termasuk dalam kategori  baik.  Aspek Intensifnya anak belajar keaksaraan awal menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi  pada Siklus I terdapat 10 anak didik yang memperhatikan atau sebesar 66% dan termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada Sikus II terdapat 14 anak  yang memperhatikan atau sebesar 93,33% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek kondusifnya kondisi anak  saat belajar keaksaraan awal menggunakan metode bermain dengan keranjang literasi pada Siklus I terdapat 9 anak  yang memperhatikan atau sebesar 60% dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada Siklus II terdapat 12 anak  yang memperhatikan atau sebesar 80% dan termasuk dalam kategori baik.  Aspek terbangunnya suasana yang reflektif, sehingga anak  terus mengikuti proses pembelajaran maupun berlatih setelah proses pembelajaran pada Siklus I terdapat 11 anak  yang memperhatikan atau sebesar 73,33% data termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada Siklus II terdapat 14 anak  yang memperhatikan atau sebesar 93,33% data termasuk dalam kategori sangat baik.. Perilaku anak didik setelah mengikuti pembelajaran pada setiap aspek mengalami peningkatan ke arah yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Penndidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Criatianti, M. 2013. Membaca dan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol II No.2
Joyce, B. Weil, M. Calhoun, E. 2011. Models Of Teaching (Model-Model Pembelajaran). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Justice L.,M., & Kaderavek, J. 2002. Using shared storybook reading to promote emergent literacy, Teaching Exceptional Children, Vol. 34 No. 4, pp. 8-13
Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Whitehead, M. 2004. Children”s Early Literacy. London. SAGE Publications Company
Morrison, S. G.2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Nutbrown, C. Clough. 2015. Pendidikan Anak USia Dini, Sejarah, Filosofi dan Pengalaman.Yogyakarta: Pustaka Belajar
PISA. 2003. New York : Literacy skills for the world of tomorrow. OECD/UNESCOIS.www.uis.unesco.org/TEMPLATE/pdf/pisa/PISAplus Eng Ch4
Reese, L. dkk. 2000. Longitudinal analysis of the antecedents of emergent Spanish literacy and Middle-School English reading achievement of Spanish-Speaking students, American Educational Research Journal Fall 2000, Vol. 3 7, No. 3, PP. 633-662
Suyadi.(2010). Psikologi Belajar PAUD, Pedagogia, Jogjakarta
Schikedanz, A. J. 2013. Spesial Issue: Earli Literacy. Aisa-Pasific Journal Of Reseacrh In Early Childhood Education. Vol 7 No. 2
Singowidjojo. PAUD Menuju Generasi Emas. Prosiding Konfrensi PAUD dan Pendidikan Dasar. November, 22-23 2013. Bandung
Subiyantoro, 2012. Psikolinguistik, Kajian Teoritis Dan Implementasinya. Semarang: UNNES Press
UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional
Wells, B. 1987. Apprenticeship in Literacy. Dalam Interchange 18,1/2:109-123.
Published
2021-12-24
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 11 times