PENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA SISWA KB BINTANG KECIL DESA TEGALSARI KECAMATAN KRADENAN

  • Vihesti Nur Anggraini
  • Mohammad Irsyad
Keywords: Konsep Lambang Bilangan, Kartu Angka.

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di suatu lembaga PAUD yaitu pendidik di lapangan sering melakukan kegiatan pembelajaran berhitung melalui metode pemberian tugas dalam bentuk baku, seperti menulis dan menghafal. Hal ini tidak sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh anak sehingga anak mampu untuk mengetahui dan memahami konsep bilangan dan lambang bilangan. Anak usia dini sebagian besar pembelajaran melalui kegiatan bermain dan menggunakan media konkret.             Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang penelitian yaitu 1)bagaimana upaya meningkatkan penguasaan konsep lambang bilangan melalui metode bermain kartu angka pada siswa KB Bintang Kecil?,2) Apakah dengan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kognitif anak dalam penguasaan lambang bilangan pada siswa KB Bintang Kecil?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan penguasaan lambang bilangan melalui metode bermain kartu angka, dan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan penguasaan lambang bilangan pada siswa KB Bintang Kecil.             Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan perkembangan kognitif anak dalam mengenal dan menguasai lambang bilangan.             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat pra siklus penguasaan konsep lambang bilangan anak masih rendah yaitu 57.48% yang masuk dalam kategori kurang, Pada siklus I ada peningkatan yaitu 65,69%. dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,62% dengan kategori baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 8,21% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 15,93%.. dapat disimpulkan bahwa Penggunaan permainan kartu angka dapat meningkatkan penguasaan konsep lambang bilangan pada anak di KB Bintang Kecil Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Batang Tahun Ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fadlillah, M., dkk. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Hasbi, Muhammad, dan Eko Tri Rahmawati. 2020. Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak di Rumah. Jakarta: Direktorat PAUD Kemdikbud.
Harjanto, Bob. 2011. Agar Anak Anda Tidak Takut Pada Matematika. Yogyakarta: Manika Books.
Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini, Cet. Ke 7. Yogyakarta: Diva Press.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Graha Indonesia.
Negoro, St., B. Harahap. 1998. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Santrock, John. W. 2002. Life Span- Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Suyadi, & Ulfa, M. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press.
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tedjasaputra, M. S. 1995. Bermain dan Permainan. Jakarta : PT Grasindo.
Published
2021-12-24
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 4 times