PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

  • Wariyanti Wariyanti
Keywords: Permainan tradisional engklek, motorik aud, sosial emosional

Abstract

Kegiatan bermain berperan penting bagi anak dalam mengembangkan aspek personalnya pada masa usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisonal engklek dalam mengembangkan motorik dan sosial emosional anak. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi serta checklist perilaku untuk memperoleh data dan mengenai kegiatan pembelajaran guru dan keaktifan anak ketika bermain.  Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata dengan t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B di RA  Miftahul Jannah Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat dengan sampel yang digunakan adalah 11 anak.  Dalam menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan teknik Sampling Purposive yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah tetapi berdasarkan atas adanya tujuan tertentu dan biasanya dilakukan karena beberapa pertimbangan tertentu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik dan sosial emosional anak usia dini di RA Miftahul Jannah Dusun Dondong Timur II Desa Stabat Lama Barat, Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Hasil dari nilai thitung adalah 5,85 dan ttabel 2,089. Maka dapat disimpulkan bahwa (-2,089 > -5,85) sehinnga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik dan sosial emosional anak di RA Miftahul Jannah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. (2007). Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan.
Hikmawanti, F. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). Rajawali Press.
Idris, M. H. (2020). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Luxima Metro Media.
Idris, M. H. dan I. R. (2015). Menymbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini (II). Luxima Metro Media.
Nilawati, T. (n.d.) 2015. Desain Pembelajaran PAUD.pdf.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014).
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (8th ed.). Indeks.
Syafuddin, Herdianto, & Ernawati. (2011). Buku Pendidikan Prasekolah.Pdf. In Persepsi Pendidikan Islam Dan Umum (p. 90).
tgrcampaign.com. (n.d.).
Published
2021-12-27
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 67 times