IMPLEMENTASI SENI TARI DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

  • Ulul Afni
  • Nur Khasanah
Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Perkembangan Motorik Kasar Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementsi seni tari dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok B di RA Al Hikmah Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang, kemudian untuk mengetahui bagaimana perkembangan motorik kasar anak kelompok B di RA Al-Hikmah Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi seni tari terhadap perkembagan motorik kasar pada anak usia dini kelompok B di RA Al-Hikmah Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran seni tari diantaranya dengan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi mampu menunjukkan bahwa penelitian tersebut bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan motorik kasar anak. Kemudian dalam penelitian implementasi pembelajaran seni tari dalam mengembangkan motorik kasar anak juga mampu mewujudkan tujuan yang telah dirumuskan meskipun akan adanya faktor pendukung dan penghambat yang masing- masing memiliki tiga poin. Pertama faktor pendukung diantarany adanya minat siswa terhadap pembelajaran seni tari yang tinggi, kondisi fisik dan mental siswa berkembang dengan baik, dan jumlah peserta didik hanya tidak terlalu banyak membuat guru tidak terlalu kesulitan dalam mengatur, kemudian untuk faktor penghambat diantaranya ada sarana dan prasarana yang tersedia belum cukup memadai, belum adanya tenaga pendidik yang selama ini mengajarkan seni tari, dan yang terakhir tidak adanya ruang khusus praktek atau aula yang besar untuk pembelajaran jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.


Akhidya Saputra Halwani, 2021. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.


Alfi Manzilatur Rohmah. 2013. Peran Kegiatan Tari Untuk Megembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. Surabaya: Universitas Surabaya.

Dini Mirantika. 2017. Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Seni Tari Bedana di Taman Kanak-Kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung :Universitas Negeri Raden Intan.

Farida Ariani. 2019. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Seni Tari Jaranan Di Bustanul Athfal (Ba) ‘Aisyiyah Talagening. Purwokerto : IAIN Purwokerto.

Mursyid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Novi Mulyani. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Nurhayati dkk. 2020. “Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini”. Sulawesi Tengah: Jurnal Bungamputi. No. 1, Vol 6.


Mahesa Putri Sri, 2019. Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di RA Ummi Desa Tebat Gunung Kecamatan Semindang Alas Maras Kabupaten Seluma. Bengkulu: IAIN Bengkulu.


Muriyan Osanisa, 2018. Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Gerakan- Gerakan Senam Di TK Negeri Pembina Kalianda Lampung selatan. Lampung: UIN Raden Intan.
Published
2021-12-27
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 47 times