Pemahaman Konsep Matematis Dilihat dari Minat Belajar dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning Berbantu Lagu Edukasi
Keywords:
Genius Learning;, Lagu edukasi;, Pemahaman Konsep Matematis;, Minat Belajar
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap pemahaman konsep matematis , untuk mengetahui pengaruh antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan redah terhadap pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan jenis True Eksperiment Design. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukau, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning berbantu lagu edukasi, kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matemats dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji, untuk hipotesis pertama ditolak karena nilai strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi= 0,000 kurang dari. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.Downloads
Download data is not yet available.
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 81–92.
DA, F. (2017). Pengaruh Strategi Genius Learning Dan Disposisi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3).
Delima, E., & Kurniawan, R. Y. (2017). ANALISIS STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–4.
Diana, Putri et al. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematikâ€. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). Vol. 4 no. 1 (2020).
Gunawan, Adi W. Genius Learning Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, (2012).
Habibi, B., Hartinah, S., Umam, R., Syazali, M., Lestari, F., Abdurrahman, A., & Jauhariyah, D. (2019). Factor Determinants of Teacher Professionalism as Development of Student Learning Education at School of SMK PGRI in Tegal City, Indonesia. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(2), 125– 134.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi
Aksara.
Heris Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Nilawati, M. (2016). Penerapan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2014/2015. AXIOM, 1–17.
Sahyan. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Menerapkan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas VIII MTs PAB-4 Helvetia Medan. Jurnal Hikmah, 14(1), 10–20.
Salmah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Pada Materi Menulis Anekdot Siswa Kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(September), 304–307.
Syahrul, M., Kalsum, U., Putri, C. N., & Mardiyana, L. (2020). The Influence of Classroom Flipped Model and Heuristic Vee on Students â€TM Understanding of Mathematical Concepts. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.24042/djm
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 KUOK Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 81–92.
DA, F. (2017). Pengaruh Strategi Genius Learning Dan Disposisi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3).
Delima, E., & Kurniawan, R. Y. (2017). ANALISIS STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–4.
Diana, Putri et al. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematikâ€. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). Vol. 4 no. 1 (2020).
Gunawan, Adi W. Genius Learning Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, (2012).
Habibi, B., Hartinah, S., Umam, R., Syazali, M., Lestari, F., Abdurrahman, A., & Jauhariyah, D. (2019). Factor Determinants of Teacher Professionalism as Development of Student Learning Education at School of SMK PGRI in Tegal City, Indonesia. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(2), 125– 134.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi
Aksara.
Heris Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Nilawati, M. (2016). Penerapan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTs Muhammadiyah Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2014/2015. AXIOM, 1–17.
Sahyan. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Menerapkan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas VIII MTs PAB-4 Helvetia Medan. Jurnal Hikmah, 14(1), 10–20.
Salmah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Pada Materi Menulis Anekdot Siswa Kelas X IPS2 SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(September), 304–307.
Syahrul, M., Kalsum, U., Putri, C. N., & Mardiyana, L. (2020). The Influence of Classroom Flipped Model and Heuristic Vee on Students â€TM Understanding of Mathematical Concepts. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.24042/djm
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 KUOK Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
Published
2021-05-18
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).