Newman's Error Analysis untuk Memetakan Tingkat Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dan Penyebabnya
Keywords:
Student Errors;, Mathematical word problems;, Newman's Error Analysis;, NEA
Abstract
Sebagian besar siswa di Indonesia menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini memetakan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam mencari pemecahan masalah matematika yang dituliskan dalam satu kalimat atau lebih pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan wawancara. Sebanyak delapan siswa di sekolah menengah pertama dianalisis. Metode Newman's Error Analysis (NEA) digunakan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan. Ada lima tahapan yang dianalisis, yaitu membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan kesimpulan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa paling tinggi adalah pada tahapan keterampilan proses dengan persentase 58,33%, yang mana sangat tinggi. Sedangkan, tingkat kesalahan paling rendah adalah tahapan membaca dengan 6,08%, yang mana sangat kecil. Kemudian, tingkat kesalahan pada tahapan memahami berada dalam kategori cukup, yaitu 25,58%. Baik tahapan transformasi maupun penarikan kesimpulan menghasilkan tingkat kesalahan dalam kategori tinggi, dimana masing-masing memiliki persentase sebesar 50,42% dan 47,92%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa antara lain kurangnya penguasaan materi, kurang mengerjakan soal latihan, kecerobohan mengerjakan soal, dan rendahnya motivasi siswDownloads
Download data is not yet available.
References
Ariyani, W. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Pediamatika, 1(01).
Fatimah, S., & Mahmudah, U. (2020). How E-Learning Affects Students’ Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41991
Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129–140.
Harahap, Z. I. S., Syaputra, D. A., Nurani, D., & Damanik, R. U. F. (2019). Faktor–Faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tentang Luas Permukaan Kubus Dan Balok Kelas VIII. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika dan Terapan (Vol. 1, pp. 554–563).
Indriyani, I., Rizqi, U., & Mahmudah, U. (2020). Bagaimana Kreativitas dan Keaktivan Mahasiswa Mempengaruhi Pemahaman Materi Abstrak Matematika Melalui E-Learning. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 112–131.
Isnaini, D. S., Sugiarti, T., & Kristiani, A. I. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4(3).
Kapur, V., & Ghose, S. (2018). Dynamic Learning Spaces in Education. Springer.
Ling, E. C. A. I. Y. (2020). Assessing Students’ Learning through the Newman Error Analysis Guidelines. Mathematics Teaching In Singapore-Volume 1: Theory-Informed Practices, 53.
Mahmudah, U., Chamdani, M., Tarmidzi, T., & Fatimah, S. (2020). Robust regression for estimating the impact of student’s social behaviors on scientific literacy. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 293–304. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.29842
Putri, R., Lambertus, L., & Sudia, M. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(1).
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).
Rahmi, A., & Hartoyo, A. (2017). Deskripsi Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau dari Tahapan O’neil SMP Kristen Kanaan Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49.
Utami, A. D. (2016). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newman’s error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85–92.
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’S Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Fatimah, S., & Mahmudah, U. (2020). How E-Learning Affects Students’ Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41991
Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129–140.
Harahap, Z. I. S., Syaputra, D. A., Nurani, D., & Damanik, R. U. F. (2019). Faktor–Faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tentang Luas Permukaan Kubus Dan Balok Kelas VIII. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika dan Terapan (Vol. 1, pp. 554–563).
Indriyani, I., Rizqi, U., & Mahmudah, U. (2020). Bagaimana Kreativitas dan Keaktivan Mahasiswa Mempengaruhi Pemahaman Materi Abstrak Matematika Melalui E-Learning. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 112–131.
Isnaini, D. S., Sugiarti, T., & Kristiani, A. I. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4(3).
Kapur, V., & Ghose, S. (2018). Dynamic Learning Spaces in Education. Springer.
Ling, E. C. A. I. Y. (2020). Assessing Students’ Learning through the Newman Error Analysis Guidelines. Mathematics Teaching In Singapore-Volume 1: Theory-Informed Practices, 53.
Mahmudah, U., Chamdani, M., Tarmidzi, T., & Fatimah, S. (2020). Robust regression for estimating the impact of student’s social behaviors on scientific literacy. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 293–304. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.29842
Putri, R., Lambertus, L., & Sudia, M. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(1).
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).
Rahmi, A., & Hartoyo, A. (2017). Deskripsi Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau dari Tahapan O’neil SMP Kristen Kanaan Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49.
Utami, A. D. (2016). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newman’s error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85–92.
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’S Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Published
2021-10-04
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).