Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Balo-Balo pada Prosesi Mantu Poci Tegal
Keywords:
Etnomatematika;, Kesenian Balo-balo;, Konsep Matematika
Abstract
Pembelajaran matematika secara terus menerus berinovasi agar dapat memberikan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Etnomatematika merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika menggabungkan konsep matematika dengan budaya daerah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep matematika dalam kesenian balo balo dalam budaya proses mantu poci Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ekspolratif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah terdapat konsep matematika dalam alat musik balo-balo yang meliputi bangun datar persegi panjang pada saron, lingkaran pada gong, tabung pada kendang. Pada tarian balo-balo terdapat konsep relfeksi, transalasi, rotasi, dan barisan bilangan. Konsep matematika tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk media pembelajaran matematika.Downloads
Download data is not yet available.
References
Andriani, Firda Febri. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Jurnal Kadikma Universitas Jember. 10(1), 45 – 55.
Apriliani, Nia dan Hakim, Arif Rahman. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM : Jurnal Nasional Pembelajaran Matematika. 4(1), 61 – 74.
Bakhri, Syamsul. (2018). Resiprositas Dalam Sunat Poci Dan Mantu Poci Masyarakat Tegal. Jurnal Analisa Sosiologi. 7(1), 94 – 109.
Desmawati, Riana. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerak Tarian Tradisional Sigeh Panguten Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gerdes. 2006. Reflection on Ethnomathematics. For The Learning of Mathematics. New York.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter, Jurnal Didaktik Matematika. 1(2), 30 – 42.
Maskar, Sugama Dan Refiesta Ratu Anderha. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema Journal. 1(1), 40 -47.
Masyhur, Firdaus. (2017). Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). IPTEK-KOM. 19(1), 51 – 62.
Mulyono, Aris, dkk. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Ekologis Pada Redesain Tempat Pelelangan Ikan Di Kota Tegal. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipasif. 13 (1), 65 – 79.
Polya, George. (1974). Complex Variable. New York : Wiley.
Saeroni, M & Sukestiyarno . (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1) 76-88.
Setiawan, Teguh. (2009). Peranan Kelompok Kesenian Tradisional Balo-Balo dalam Kegiatan Keagamaan Islam di Kota Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Suharni. (2015). Westernisasi Sebagai Problem Pendidikan Era Modern. Jurnal Al – Ijtimaiyah, 1(1), 73 – 88.
Tamur, Maximus. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bebrbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Vibriyanti, Deshinta. (2014). Kondisi Sosial Ekonomi dan Pemberdayaan Nelayan Tangkap Kota Tegal Jawa Tengah. Jurnal Kependudukan Indonesia. 9(1), 45 – 58.
Apriliani, Nia dan Hakim, Arif Rahman. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM : Jurnal Nasional Pembelajaran Matematika. 4(1), 61 – 74.
Bakhri, Syamsul. (2018). Resiprositas Dalam Sunat Poci Dan Mantu Poci Masyarakat Tegal. Jurnal Analisa Sosiologi. 7(1), 94 – 109.
Desmawati, Riana. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerak Tarian Tradisional Sigeh Panguten Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gerdes. 2006. Reflection on Ethnomathematics. For The Learning of Mathematics. New York.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter, Jurnal Didaktik Matematika. 1(2), 30 – 42.
Maskar, Sugama Dan Refiesta Ratu Anderha. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema Journal. 1(1), 40 -47.
Masyhur, Firdaus. (2017). Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). IPTEK-KOM. 19(1), 51 – 62.
Mulyono, Aris, dkk. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Ekologis Pada Redesain Tempat Pelelangan Ikan Di Kota Tegal. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipasif. 13 (1), 65 – 79.
Polya, George. (1974). Complex Variable. New York : Wiley.
Saeroni, M & Sukestiyarno . (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1) 76-88.
Setiawan, Teguh. (2009). Peranan Kelompok Kesenian Tradisional Balo-Balo dalam Kegiatan Keagamaan Islam di Kota Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Suharni. (2015). Westernisasi Sebagai Problem Pendidikan Era Modern. Jurnal Al – Ijtimaiyah, 1(1), 73 – 88.
Tamur, Maximus. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bebrbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Vibriyanti, Deshinta. (2014). Kondisi Sosial Ekonomi dan Pemberdayaan Nelayan Tangkap Kota Tegal Jawa Tengah. Jurnal Kependudukan Indonesia. 9(1), 45 – 58.
Published
2021-05-18
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).