Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Keywords:
Model Pembelajaran Quantum Learning;, Pendekatan Kontekstual;, Hasil Belajar
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design yang berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, dan memberikan kesimpulan bahwa dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,033 0,05 maka diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi-1). Jakarta: Bumi Aksara.
Astutik, Wiji. 2017. Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual UNU Blitar. 2 (2). 126. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41 diperoleh dari https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/41
Azwa, Aina Natasya. 2018. “Penagruh Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Rebang Tangkas Way Kanan Tahun 2017/2018â€. Skripsi. Lampung: Universitas Raden Intan Lampung.
DePorter, Bobby dkk. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Hanafi, Muh. Sain. 2017. Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kabupaten Gowa. Al-Kalam: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Kemasyarakatan UIN Alauddin Makasar. 9 (2). 131. Di peroleh dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm/article/view/4481
Handayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jamil, Ibrahim M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak: Jurnal Ilmiah: Pendidikan Anak STKIP AN-NUR Nanggroe Aceh Darussalam. 1 (1). 6. Di peroleh dari http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/download/18/17
Kalsum, Umi. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Aceh Tamiangâ€. Skripsi. Aceh: IAIN Langsa Aceh.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nalim dan Salafudin. 2012. Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi: Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto. 1 (1). 25. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530 diperoleh dari http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salafudin dan Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Saputro, Trimo dan Sri Latifah. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus: Indonesian Journal of Science and Mathematics Education UIN Raden Intan Lampung. 1 (2). 35-36. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2770 diperoleh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2770
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yanuarti, Ary dan Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia. 1 (1). 15. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261 diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3261/0
Astutik, Wiji. 2017. Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual UNU Blitar. 2 (2). 126. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41 diperoleh dari https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/41
Azwa, Aina Natasya. 2018. “Penagruh Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Rebang Tangkas Way Kanan Tahun 2017/2018â€. Skripsi. Lampung: Universitas Raden Intan Lampung.
DePorter, Bobby dkk. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Hanafi, Muh. Sain. 2017. Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kabupaten Gowa. Al-Kalam: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Kemasyarakatan UIN Alauddin Makasar. 9 (2). 131. Di peroleh dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm/article/view/4481
Handayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jamil, Ibrahim M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak: Jurnal Ilmiah: Pendidikan Anak STKIP AN-NUR Nanggroe Aceh Darussalam. 1 (1). 6. Di peroleh dari http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/download/18/17
Kalsum, Umi. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Aceh Tamiangâ€. Skripsi. Aceh: IAIN Langsa Aceh.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nalim dan Salafudin. 2012. Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi: Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto. 1 (1). 25. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530 diperoleh dari http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salafudin dan Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Saputro, Trimo dan Sri Latifah. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus: Indonesian Journal of Science and Mathematics Education UIN Raden Intan Lampung. 1 (2). 35-36. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2770 diperoleh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2770
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yanuarti, Ary dan Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia. 1 (1). 15. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261 diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3261/0
Published
2021-05-18
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).