Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Keywords:
Gaya Belajar;, Pola Asuh;, Hasil Belajar
Abstract
Hasil belajar adalah sebuah pencapaian yang dihasilkan siswa melalui suatu proses pembelajaran. Hasil belajar bisa dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya belajar siswa dan pola asuhnya didalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar gaya belajar dan pola asuh siswa mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji penelitian didapatkan koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,1%. Kemudian hasil uji koefisien determinasi R2 variabel pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,4%. Serta hasil uji koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa dan pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,7%.Downloads
Download data is not yet available.
References
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.
Karnangsah, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. EDUCATIO, 2.
Sabri, M. A. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sholichah, A. S. (2018, April 16 ). Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam , VII, 25.
Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR, VI, 9.
Widayanti, F. D. (2013, Desembe). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. (ERUDIO, II, 8.
Widayanti, W. d. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 34.
Zahratul Adami, M. H. (2017, April). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Unsyiah, II, 139.
Zulhaini S, E. P. (2019). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Manarang, 8.
Karnangsah, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. EDUCATIO, 2.
Sabri, M. A. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sholichah, A. S. (2018, April 16 ). Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam , VII, 25.
Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR, VI, 9.
Widayanti, F. D. (2013, Desembe). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. (ERUDIO, II, 8.
Widayanti, W. d. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 34.
Zahratul Adami, M. H. (2017, April). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Unsyiah, II, 139.
Zulhaini S, E. P. (2019). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Manarang, 8.
Published
2021-05-18
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).