Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam
Keywords:
Kemampuan Koneksi Matematis, Penelitian Deskriptif Kuantitatif
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, berupa lembar jawaban ulangan harian 1 materi perbandingan yang dianalisis sesuai dengan rubrik penskoran kemampuan koneksi matematis. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur analisis hasil kerja, manyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam tahun pelajaran 2019/2020 secara keseluruhan memiliki kategori sedang dengan rata-rata nilai 57,22. Pencapaian kemampuan koneksi matematis per indikator kemampuan koneksi matematis dengan rincian rata-rata nilai indikator berdasarkan aspek koneksi antar topik matematika yaitu 45,00 dengan kategori rendah, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain yaitu 81,67 dengan kategori tinggi, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan dunia nyata atau koneksi dengan kehidupan sehari-hari yaitu 45,00 dengan kategori rendah.Downloads
Download data is not yet available.
References
Amir, Z., & Risnawati, M. P. (2015). Psikologi Pembelajaran matematika. Aswaja Pressindo. www.aswajapressindo.co.id
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
D. Sulistyaningsih , S. B. Waluya, K. K. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1, 126. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648
Effendi, A. A. D. F. dan K. N. S. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546
Harahap, R. et al. (2012). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washiyah 8 Medan. Pendidikan Matematika PARADIGMA, 5, 129.
Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 209–220. https://eprints.uny.ac.id/7025/1/P11-Akhmad Jazuli.pdf
Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Putri, H. E. (2017). Pendekatan CPA, Kemampuan-Kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya. Royyan Press.
Rahmawati, U. N., Sugiatno, H., Program, S., Pendidikan, M., & Fkip, U. (2017). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(8), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21149
Setialesmana, D., Anisa, W. N., & Herawati, L. (2017). Asosiasi Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik Mahasiswa melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Jurnal Siliwangi, 3, 259.
Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suwanti, T. Y. ; E. G. L. ; ivi. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pemecahan Masalah Segetiga. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5, 112.
Warih, P. D. (2016). Analisis Kemmapuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. KNPMP I, 378.
Yudhanegara, K. E. L. dan M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Zanthy, S. N. dan L. S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Journal On Education, 01, 67.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
D. Sulistyaningsih , S. B. Waluya, K. K. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1, 126. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648
Effendi, A. A. D. F. dan K. N. S. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546
Harahap, R. et al. (2012). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washiyah 8 Medan. Pendidikan Matematika PARADIGMA, 5, 129.
Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 209–220. https://eprints.uny.ac.id/7025/1/P11-Akhmad Jazuli.pdf
Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Putri, H. E. (2017). Pendekatan CPA, Kemampuan-Kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya. Royyan Press.
Rahmawati, U. N., Sugiatno, H., Program, S., Pendidikan, M., & Fkip, U. (2017). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(8), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21149
Setialesmana, D., Anisa, W. N., & Herawati, L. (2017). Asosiasi Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik Mahasiswa melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Jurnal Siliwangi, 3, 259.
Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suwanti, T. Y. ; E. G. L. ; ivi. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pemecahan Masalah Segetiga. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5, 112.
Warih, P. D. (2016). Analisis Kemmapuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. KNPMP I, 378.
Yudhanegara, K. E. L. dan M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Zanthy, S. N. dan L. S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Journal On Education, 01, 67.
Published
2021-10-12
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).