Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam

  • Silvia Hani Fatunnisa Institut Agama Islam Negeri Bukit Tinggi
  • Haida Fitri Institut Agama Islam Negeri Bukit Tinggi
Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Abstract

  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, berupa lembar jawaban ulangan harian 1 materi perbandingan yang dianalisis sesuai dengan rubrik penskoran kemampuan koneksi matematis. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur analisis hasil kerja, manyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam tahun pelajaran 2019/2020 secara keseluruhan memiliki kategori sedang dengan rata-rata nilai 57,22. Pencapaian kemampuan koneksi matematis per indikator kemampuan koneksi matematis dengan rincian rata-rata nilai indikator berdasarkan aspek koneksi antar topik matematika yaitu 45,00 dengan kategori rendah, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain yaitu 81,67 dengan kategori tinggi, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan dunia nyata atau koneksi dengan kehidupan sehari-hari yaitu 45,00 dengan kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z., & Risnawati, M. P. (2015). Psikologi Pembelajaran matematika. Aswaja Pressindo. www.aswajapressindo.co.id

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

D. Sulistyaningsih , S. B. Waluya, K. K. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1, 126. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648

Effendi, A. A. D. F. dan K. N. S. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546

Harahap, R. et al. (2012). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washiyah 8 Medan. Pendidikan Matematika PARADIGMA, 5, 129.

Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 209–220. https://eprints.uny.ac.id/7025/1/P11-Akhmad Jazuli.pdf

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Putri, H. E. (2017). Pendekatan CPA, Kemampuan-Kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya. Royyan Press.

Rahmawati, U. N., Sugiatno, H., Program, S., Pendidikan, M., & Fkip, U. (2017). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(8), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21149

Setialesmana, D., Anisa, W. N., & Herawati, L. (2017). Asosiasi Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik Mahasiswa melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Jurnal Siliwangi, 3, 259.

Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwanti, T. Y. ; E. G. L. ; ivi. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pemecahan Masalah Segetiga. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5, 112.

Warih, P. D. (2016). Analisis Kemmapuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. KNPMP I, 378.

Yudhanegara, K. E. L. dan M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Zanthy, S. N. dan L. S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Journal On Education, 01, 67.
Published
2021-10-12
Abstract viewed = 119 times
pdf downloaded = 123 times