Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gender Kelas VIII.6 MTs N 1 Padang Pariaman

  • Ayu Sandari Fadilah Institut Agama Islam Negeri Bukit Tinggi
  • Rusdi Rusdi Institut Agama Islam Negeri Bukit Tinggi
Keywords: Gender;, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis;, Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Abstract

  Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII.6 MTsN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII.6 MTsN Padang Pariaman yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan datanya adalah tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian. Teknik analisis data yaitu dengan prosedur analisis hasil kerja, menyajikan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata 61,111, dengan distribusi yaitu untuk kategori tinggi sebanyak 3 orang  dengan persentase (25%), dan kategori sedang sebanyak 9 orang dengan persentase (75%). Kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata 58,666, dengan distribusi untuk kategori tinggi yaitu sebanyak 3 orang dengan persentase (30%), kategori sedang sebanyak 6 orang siswa dengan persentase (60%) dan kategori rendah sebanyak 1 orang dengan persentase (10%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya. Davita, P.W.C dan

Pujiastuti. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjaau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 01 Januari 2019.

Fuadi Akmil Rahman dan Williza Yanti. 2014. Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa Melalui Penggunaan Model Learning Cycle (LC) pada Materi Pecahan di kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1.

Hendriana Heris dan Utari Soemarno. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Hobri Ninik, Suharto. 2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Setiap Tahap Model Polya dari SMK
Ibu Pakasari Jurusan Multi Pada Pokok Bahasan Program Linear. Kadikma, Volume 5, no.3, Desember 2014.

Papalia Diane E. dan Ruth Duskin Feldman. 2014. Menyelami Perkembangan Manusia, Jakarta : Salemba Humanika.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Setiani Ani, dkk. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran : Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung : Alfabeta.

Shadiq Fadjar. 2014. Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Yogyakarta : Graha Ilmu. Slavin, Robert E.. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta : Permata Puri Media
Published
2021-10-12
Abstract viewed = 62 times
pdf downloaded = 76 times