Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Bernuansa Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Ruang pada Siswa Kelas IX

  • Esti Ratnawati Universitas Negeri Semarang
Keywords: Etnomatematika, Geometri Ruang, Metode Pembelajaran, Pendidikan Matematika, Hasil Belajar

Abstract

  Materi geometri menjadi salah satu materi yang dianggap sulit dalam pembelajaran matematika dikarenakan perlu pemahaman yang mendalam untuk memaknai konsep geometri. Materi geometri terbagi menjadi dua, yaitu geometri bangun datar dan geometri bangun ruang. Kesulitan yang dialami siswa dalam materi geometri ialah kesulitan dalam memvisualisasikan materi geometri dan kesulitan dalam membedakan bentuk dalam geometri. Sehingga peneliti mengembangkan metode pembelajaran kooperatif bernuansa etnomatematika guna menuntun siswa aktif dalam pembelajaran dan memperoleh contoh-contoh konsektual dari geometri ruang. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif guna mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif bernuansa etnomatematika. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Pengambilan nilai tes ini yang peneliti gunakan sebagai penentu keberhasilan metode pembelajaran yang digunakan, yaitu metode pembelajaran kooperatif bernuansa etnomatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, P. G. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan RME Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Motivasi Siswa [Universitas Pendidikan Ganesha]. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1216

Ghazali, N.H.C dan Zakaria, E.. 2011. Students' Procedural and Conceptual Understanding of Mathematics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7): 684-691, 2011. Universiti Kebangsaan Malaysia

Gordon, F dan Gordon, S. 2006. What Does Conceptual Understanding Mean?. New York Institute of Technologi.

Ima, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Bentuk-bentuk Geometri Melalui Media Kotak Pintar Pada Peserta Didik Kelompok A Di Taman Kanak-kanak Mutiara Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau. [IAIN Kediri]. http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/240

Lestari, T. P. (UIN M. (2015). Persepsi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir menjadi praktisi akuntansi syariah: Studi empiris mahasiswa akuntansi angkatan 2011 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang [Universitas Islam Negeri Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1560

Mardiah, S. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri pada kelas vii. Universitas islam negeri raden intanlampung.

Sitti, A. H. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(April), 45–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910/2663
Published
2022-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 93 times
PDF downloaded = 89 times