Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Ludruk sebagai Sumber Belajar Geometri pada Jenjang Sekolah Dasar

  • Salsa Bella Yuliani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementasi, Kesenian Ludruk, Pembelajaran Matematika, Etnomatematika

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana pengimplementasian etnomatematika berbasis budaya lokal yakni kesenian ludruk yang digunakan sebagai sumber belajar geometri pada jenjang sekolah dasar.  Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Adapun maksud dari penelitian eksplorasi ini yakni mengeksplorasi kesenian ludruk yang dapat diimplementasikan dalam menunjang proses pembelajaran geometri, khususnya pada materi bangun datar, bangun ruang, dan sudut. Selain itu, metode wawancara hasil kegiatan juga dilaksanakan guna mengetahui pendapat siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, eksplorasi kesenian ludruk dapat digunakan sebagai ide alternatif guru dalam membelajarkan materi geometri dengan mengaitkan budaya daerah karena selain belajar mengenai konsep, pembelajaran seperti ini akan menanamkan nilai-nilai luhur budaya sehingga berdampak pada pendidikan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Apriyanti, H. (2014). Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 2.

Budaya. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/budaya

Dinyanti, S. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.

Jindan, R., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Kajian Estetika Ludruk Banyolan Kartolo Lakon “ Praktek Calak ” di JTV. 30–40.

Kebudayaan. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebudayaan
laurens, theresia. (2017). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal LEMMA, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v1i3.1120

Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758

Matang, Rex, Owens, K. (2004). Rich Transitions From Indigenous Counting Systems To English Arithmetic Strategies: Implications for Mathematics Education in Papua New Guinea. Icme-10, 14, 107–118. http://www.dm.unipi.it/~favilli/Ethnomathematics_Proceedings_ICME10.pdf#page=123

Nurlailiyah, S. (2016). Studi Dampak Facebook Terhadap Perubahan Pola Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa IAIN Jember.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Dari Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Prosiding Sesiomadika, 2009, 1270–1285. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/3112

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sitti, A. H. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(April), 45–54.
Published
2022-03-18
Section
Articles
Abstract viewed = 282 times
PDF downloaded = 202 times