Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Ludruk sebagai Sumber Belajar Geometri pada Jenjang Sekolah Dasar
Keywords:
Implementasi, Kesenian Ludruk, Pembelajaran Matematika, Etnomatematika
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana pengimplementasian etnomatematika berbasis budaya lokal yakni kesenian ludruk yang digunakan sebagai sumber belajar geometri pada jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Adapun maksud dari penelitian eksplorasi ini yakni mengeksplorasi kesenian ludruk yang dapat diimplementasikan dalam menunjang proses pembelajaran geometri, khususnya pada materi bangun datar, bangun ruang, dan sudut. Selain itu, metode wawancara hasil kegiatan juga dilaksanakan guna mengetahui pendapat siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, eksplorasi kesenian ludruk dapat digunakan sebagai ide alternatif guru dalam membelajarkan materi geometri dengan mengaitkan budaya daerah karena selain belajar mengenai konsep, pembelajaran seperti ini akan menanamkan nilai-nilai luhur budaya sehingga berdampak pada pendidikan karakter siswa.Downloads
Download data is not yet available.
References
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Apriyanti, H. (2014). Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 2.
Budaya. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/budaya
Dinyanti, S. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.
Jindan, R., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Kajian Estetika Ludruk Banyolan Kartolo Lakon “ Praktek Calak †di JTV. 30–40.
Kebudayaan. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebudayaan
laurens, theresia. (2017). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal LEMMA, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v1i3.1120
Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758
Matang, Rex, Owens, K. (2004). Rich Transitions From Indigenous Counting Systems To English Arithmetic Strategies: Implications for Mathematics Education in Papua New Guinea. Icme-10, 14, 107–118. http://www.dm.unipi.it/~favilli/Ethnomathematics_Proceedings_ICME10.pdf#page=123
Nurlailiyah, S. (2016). Studi Dampak Facebook Terhadap Perubahan Pola Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa IAIN Jember.
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Dari Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Prosiding Sesiomadika, 2009, 1270–1285. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/3112
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sitti, A. H. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(April), 45–54.
Apriyanti, H. (2014). Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 2.
Budaya. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/budaya
Dinyanti, S. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.
Jindan, R., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Kajian Estetika Ludruk Banyolan Kartolo Lakon “ Praktek Calak †di JTV. 30–40.
Kebudayaan. (n.d.). Retrieved March 11, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebudayaan
laurens, theresia. (2017). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal LEMMA, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v1i3.1120
Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758
Matang, Rex, Owens, K. (2004). Rich Transitions From Indigenous Counting Systems To English Arithmetic Strategies: Implications for Mathematics Education in Papua New Guinea. Icme-10, 14, 107–118. http://www.dm.unipi.it/~favilli/Ethnomathematics_Proceedings_ICME10.pdf#page=123
Nurlailiyah, S. (2016). Studi Dampak Facebook Terhadap Perubahan Pola Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa IAIN Jember.
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Dari Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Prosiding Sesiomadika, 2009, 1270–1285. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/3112
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sitti, A. H. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(April), 45–54.
Published
2022-03-18
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).