Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati

  • Fitria Nur Kholisa Universitas Negeri Semarang
Keywords: Etnomatematika, Konsep Geometri, Rumah Joglo Pati

Abstract

  Budaya dapat menentukan bagaimana cara pandang siswa dalam memahami sesuatu, termasuk dalam memahami suatu materi matematika. Apabila suatu materi matematika begitu jauh dari kehidupan budaya yang mereka miliki, tentunya materi matematika tersebut sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menghubungkan antara matematika dengan budaya yang disebut Etnomatematika. Konsep etnomatematika memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan pembelajaran matematika. Siswa dapat mempelajari matematika dengan mengunjungi dunia luar dan berinteraksi dengan kebudayaan setempat yang menjadi objek etnomatematika. Objek etnomatematika merupakan objek budaya yang mengandung konsep matematika pada suatu masyarakat tertentu, salah satunya yaitu Rumah Joglo Pati. Salah satu konsep matematika yang terdapat pada bangunan Rumah Joglo Pati yaitu konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat konsep geometri pada Rumah Joglo Pati antara lain: garis, sudut, bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga), Teorema Pythagoras, bangun ruang (balok), kekongruenan, dan transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi). Konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami konsep geometri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajmain, dkk. 2020. Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45-54.

Isnaini, M. 2015. Aspek Geometri Pada Struktur Atap Rumah Adat Kudus. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017a. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017b. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017c. Matematika SMA/MA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Mawardi, R. 2019. Penelitian Kualitatif: Pendekatan Etnografi. https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-etnografi/. Diakses pada tanggal 11 Juni 2021.
Nutriana, N.A.I. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap

Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta.

Rosita, S.M. 2019. Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Jember. Jember.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Cetakan Pertama 2019. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sulistyani, A.P., dkk. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-18.

Wahyuni, A., dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 9 November 2013. Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 113-118.

Zahroh, U. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf. Diakses pada tanggal 15 Juli 2021.

Zulkifli, A., & Rahmawati, I. 2020. Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 591-600.
Published
2021-10-14
Abstract viewed = 1005 times
pdf downloaded = 568 times