Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati
Keywords:
Etnomatematika, Konsep Geometri, Rumah Joglo Pati
Abstract
Budaya dapat menentukan bagaimana cara pandang siswa dalam memahami sesuatu, termasuk dalam memahami suatu materi matematika. Apabila suatu materi matematika begitu jauh dari kehidupan budaya yang mereka miliki, tentunya materi matematika tersebut sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menghubungkan antara matematika dengan budaya yang disebut Etnomatematika. Konsep etnomatematika memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan pembelajaran matematika. Siswa dapat mempelajari matematika dengan mengunjungi dunia luar dan berinteraksi dengan kebudayaan setempat yang menjadi objek etnomatematika. Objek etnomatematika merupakan objek budaya yang mengandung konsep matematika pada suatu masyarakat tertentu, salah satunya yaitu Rumah Joglo Pati. Salah satu konsep matematika yang terdapat pada bangunan Rumah Joglo Pati yaitu konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat konsep geometri pada Rumah Joglo Pati antara lain: garis, sudut, bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga), Teorema Pythagoras, bangun ruang (balok), kekongruenan, dan transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi). Konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami konsep geometri.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ajmain, dkk. 2020. Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45-54.
Isnaini, M. 2015. Aspek Geometri Pada Struktur Atap Rumah Adat Kudus. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017a. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017b. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017c. Matematika SMA/MA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Mawardi, R. 2019. Penelitian Kualitatif: Pendekatan Etnografi. https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-etnografi/. Diakses pada tanggal 11 Juni 2021.
Nutriana, N.A.I. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap
Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta.
Rosita, S.M. 2019. Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Jember. Jember.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Cetakan Pertama 2019. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sulistyani, A.P., dkk. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-18.
Wahyuni, A., dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 9 November 2013. Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 113-118.
Zahroh, U. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf. Diakses pada tanggal 15 Juli 2021.
Zulkifli, A., & Rahmawati, I. 2020. Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 591-600.
Isnaini, M. 2015. Aspek Geometri Pada Struktur Atap Rumah Adat Kudus. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017a. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017b. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017c. Matematika SMA/MA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Mawardi, R. 2019. Penelitian Kualitatif: Pendekatan Etnografi. https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-etnografi/. Diakses pada tanggal 11 Juni 2021.
Nutriana, N.A.I. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap
Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta.
Rosita, S.M. 2019. Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Jember. Jember.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Cetakan Pertama 2019. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sulistyani, A.P., dkk. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-18.
Wahyuni, A., dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 9 November 2013. Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 113-118.
Zahroh, U. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf. Diakses pada tanggal 15 Juli 2021.
Zulkifli, A., & Rahmawati, I. 2020. Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 591-600.
Published
2021-10-14
Section
Articles
An author who publishes in Circle: Jurnal Pendidikan Matematika agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).